CiriCara: 8 Cara Mengemudi yang Benar

by
September 19th, 2012 at 11:06 am

CiriCara.com - Mengemudikan kendaraan pada saat melakukan perjalanan jauh maupun dekat harus dilakukan dengan tepat. Tujuannya adalah agar tidak terjadi kecelakaan.

Kecelakaan terjadi pada tanggal 13/9/2012 di Kalimantan Barat yang dicuplik dari Tribunnews disebabkan karena sebuah mobil membanting setirnya lalu menabrak mobil lain dari arah yang berbeda. Untungnya tidak ada korban jiwa dari kecelakaan ini tetapi tetap saja mobil mengalami kerusakan.

Kecelakaan mobil yang terjadi di kota-kota besar terkadang akibat dari kelalaian pengemudinya sendiri. Untuk itu, agar terhindar dari kecelakaan pada saat berkendara, sebaiknya simak 8 cara terbaik mengendarai mobil:

1. Posisi duduk harus benar

Anda dan para penumpang yang ada di dalam mobil harus selalu duduk dengan aman selama dalam perjalanan. Pakailah selalu sabuk pengaman saat berada dalam mobil dan kemanapun Anda berpergian, baik perjalanan dekat maupun jauh. Sabuk pengaman merupakan perlengkapan pengaman paling standar yang dapat menghindari penumpang dari ancaman cedera. Untuk itu pastikan Anda dan penumpang lainnya sudah benar memakai sabuk pengaman.

2. Pandangan fokus ke depan

Mata penegmudi merupakan sistem keamanan aktif yang paling utama selama berada dalam mobil. Pandangan pengemudi harus selalu fokus ke depan selama mengemudikan mobil tersebut. Dan harus Anda ingat juga bahwa jangan memaksakan diri untuk mengemudi bila kondisi tidak sehat atau mengantuk.

3. Waspada terhadap sekeliling

Selain pandangan fokus ke depan, Anda juga harus selalu lihat ke tiga spion untuk memantau situasi di kiri, kanan, dan belakang. Lalu lalang kendaraan lain dan pejalan kaki di sekitar mobil akan membuat Anda tepat mengambil keputusan saat menjumpai kondisi kritis.

4. Jaga jarak aman

Memposisikan kendaraan di tengah lalu lintas secara benar merupakan saran lain untuk keselamatan. Lalu lintas yang padat, seperti kota Jakarta memang sulit untuk memposisikan mobil dengan tepat. Namun, Anda harus selalu memperhitungkan posisi depan dan belakang mobil dengan tepat agar memperkecil risiko senggolan di jalan.

5. Jangan mudah terlena

Perangkat tambahan, seperti CD player dan GPS display akan membuat situasi mengemudi lebih nyaman. Akan tetapi Anda juga harus memperhatikan keadaan jalan dan harus tetap fokus ke depan. Bila perhatian Anda hilang, maka bisa menimbulkan kecelakaan.

6. Perhatikan pengguna jalan lain

Keadaan jalan seperti kota Jakarta tentunya sangat dipadati oleh berbagai kendaraan dan pengguna jalan lain, seperti sepeda, motor, truk, pejalan kaki, bahkan pendorong gerobak. Untuk itu, Anda harus waspadai gerakan mereka karena terkadang para pengguna jalan tak peduli saat menggunakan jalan yang sama dengan Anda lalui.

7. Bersikap sabar dan tenang

Situasi jalan tentunya tidak bisa Anda tentukan karena kota Jakarta sudah terlalu banyak kendaraan yang melintas. Saat mengendarai mobil Anda harus bersikap sabar dan tenang karena terkadang ada saja pengendara lain yang membuat kegaduhan di jalan, seperti kencang mengendarai mobil, orang menyebrang, dan lain sebagainya yang bisa membahayakan diri Anda bila tidak bersikap sabar dan tenang.

8. Ikuti arus dengan baik

Mengikuti arus dan beradaptasi dengan gaya mengemudi para sopir di sekeliling Anda akan lebih menjamin mobil selamat dari ancaman kecelakaan. Untuk itu, perlahan saja mengendarainya bila keadaan jalan sedang padat.

Selain 8 cara di atas, Anda juga harus memperlakukan mobil seperti pasangan Anda. Rawatlah penampilan dan keadaan mobil Anda, seperti sering mencucinya, mengganti oli, menservice, dan lain sebagainya. Dengan begitu akan membuat Anda merasa aman untuk mengendarainya dan tentunya bisa terhindar dari kecelakaan. (NR)