Cuma Butuh Rp. 1,6 Juta Buat Produksi iPhone 5?

by
September 19th, 2012 at 4:25 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Produk-produk milik Apple memang terkenal dengan harganya yang selangit. Harga yang mahal ini juga berlaku pada produk terbaru mereka, iPhone 5. Namun siapa sangka jika dana yang dibutuhkan untuk membuat sebuah iPhone 5 hanya sekitar Rp. 1,6 juta per unit.

Dilansir dari Inilah.com, UBM TechInsights sebuah perusahaan teknologi informasi yang berpusat di Inggris menyatakan bahwa untuk membuat satu iPhone 5 16GB, biaya yang diperlukan adalah USD 167,5 atau sekitar Rp. 1,6 juta.

UBM TechInsights juga menyebutkan jika biaya produksi iPhone 5 lebih mahal USD 35 dibandingkan iPhone 4S. Perbedaan harga ini digunakan untuk membeli prosesor terbaru A6 seharga USD 28 dan juga modem Qualcomm 4G LTE seharga USD 25.

Namun di pasaran, harga iPhone 5 16GB ini dibanderol dengan nilai USD 649 atau Rp. 6,2 juta di Amerika. Harga di Indonesia kemungkinan besar akan naik karena banyaknya pajak yang harus dibayar. Dengan keuntungan sekitar USD 400 per unit iPhone 5, Apple telah mengeruk banyak pendapatan.

Berikut estimasi biaya produksi iPhone 5 menurut UBM TechInsights:

(RN)

Comment di sini