Rilis Lebih Dulu, GooPhone Larang iPhone 5 Beredar di China

by
September 19th, 2012 at 11:16 am

Kuwaitiful

CiriCara.com – GooPhone mulai terdengar namanya ketika produsen smartphone asal China ini yang telah mengejutkan dunia dengan produk GooPhone i5 yang didesain mirip dengan iPhone 5.

Uniknya, GooPhone menyatakan jika pihaknya akan menuntut hak paten desain atas Apple dengan iPhone 5 nya. GooPhone i5 sendiri memiliki spek yang berbeda dengan iPhone serta dijalankan menggunakan sistem operasi Android 4.1 Jellybean, sementara iPhone dijalankan menggunakan sistem operasi iOS 6.

Yang menjadi dasar GooPhone menuntut iPhone adalah tanggal rilis GooPhone i5 yang lebih awal  dibandingkan tanggal rilis iPhone 5. Dilansir dari Cult of Mac, desain GooPhone disebar luaskan di seluruh internet sehingga seluruh orang dapat melihatnya.

Cult of Mac menyangsikan jika Apple telah mencuri desain GooPhone dengan alasan karena GooPhone rilis lebih dulu. Namun di China GooPhone telah berhasil mematenkan desain smartphone-nya sehingga kemungkinan besar iPhone 5 akan dilarang beredar di negara itu.

Walaupun terksesan seperti hanya menggertak, namun kejadian yang sama pernah muncul saat produsen gadget asal China, Proview berhasil memeras Apple sebesar USD 60 juta atas merek dagang “iPad”.

Keberhasilan GooPhone untuk mendapat hak paten memang terdengar sulit apalagi jika melawan iPhone 5. Meski iPhone 5 dan GooPhone i5 mempunyai bentuk yang sama, tapi Apple telah memiliki paten resmi atas bentuk dasar iPhone selama bertahun-tahun dan paten tersebut tidak bisa dikalahkan di Amerika Serikat. Cult of Mac menambahkan jika GooPhone i5 memiliki dimensi yang berbeda dengan iPhone 5.

Misalnya, dua titik filter di belakang GooPhone hanya sebagai hiasan sedangkan pada iPhone 5, keduanya berfungsi sebagai antena handset yang terintegrasi. Perbedaan lain adalah hadirnya logo mirip Android 3.0 Honeycomb di bagian casing belakang milik Goophone i5. (RN)

Cult of Mac

Comment di sini