Sayembara Tangkap Presiden RI Buat SBY Resah

by
September 19th, 2012 at 3:40 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) merasa resah dengan adanya berita sayembara penangkapan dirinya. Pasalnya, kabar seperti ini bisa mengganggu hubungan baik kedua negara (Indonesia-Inggris).

“Terus terang, ini mengganggu hubungan baik kedua negara, ini tidak nyaman bagi kami (Presiden SBY),” jelas Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, di Kantor Presiden, seperti dikutip VIVAnews, Rabu (19/9/2012).

Julian menegaskan bahwa keselamatan Presiden SBY saat berkunjung ke Inggris akan dijamin oleh tuan rumah. Pasalnya, Presiden SBY datang ke Inggris untuk memenuhi undangan ratu Inggris. “Jadi, jelas tidak mungkin kepala negara ditahan atau ditangkap,” ujar Julian.

Julian lebih lanjut mengklaim bahwa pihaknya sudah mendapatkan jaminan keamanan dari Polisi Inggris Raya. Pemerintah Inggris berani menjamin bahwa isu sayembara penangkapan Presiden SBY di Inggris tidak akan terjadi. “Hal-hal itu tidak akan terjadi dan dijamin sepenuhnya oleh pemerintah Inggris,” ujar Julian.

Menurut Julian, isu sayembara tangkap Presiden SBY di Inggris ini sebenarnya tidak perlu dibahas. Namun karena banyak yang bertanya, pemerintah Indonesia pun angkat bicara. “Inggris dan Indonesia terlalu penting untuk diganggu atau dipengaruhi rumor yang tidak bermutu ini,” kata Julian.

Sebelumnya, Radio New Zealand International melansir adanya sayembara tangkap Presiden SBY saat berkunjung ke Inggris pada awal November mendatang. Sayembera ini menawarkan hadiah US$ 80 ribu bagi warga yang bisa menangkap Presiden SBY saat di Inggris.

Meskipun demikian, Julian mengklaim bahwa rencana kunjungan Presiden SBY ke Inggris tidak akan terganggu dan tetap dilakukan. Presiden SBY akan datang ke Inggris sesuai jadwal yakni, Oktober sampai November mendatang.

“Sayembara itu tidak ganggu rencana yang dijadwalkan saat ini,” pungkasnya.

(YG)

Comment di sini