Skateboard Canggih Ini Bisa Atasi Kemacetan Jakarta?

by
September 19th, 2012 at 11:24 am

Stanford (CiriCara.com) – Kemacetan di Jakarta semakin parah. Anda pun pasti mengeluhkan hal yang sama setiap hari saat pergi dan pulang beraktivitas. Banyak orang berpikir, sepertinya tidak ada titik terang untuk masalah kemacetan di Jakarta yang sudah bertahun-tahun ini.

Tidak hanya peran pemerintah semata yang harus dipertanyakan, tetapi juga tanggung-jawab setiap pengguna jalan raya di Jakarta pun, patut dipertanyakan sekarang ini.

Pasalnya, ketertiban dan rasa toleransi di jalan sudah mulai berkurang, bahkan nyaris hilang. Para pengguna jalan cenderung egois, ditambah lagi dengan volume kendaraan di wilayah ibukota yang kian bertambah. Kemacetan pun menjadi santapan sehari-hari, baik hari kerja maupun hari libur.

Daily Mail

Mungkin skateboard canggih temuan para pelajar di Stanford ini dapat membantu mengatasi kemacetan di Jakarta.

Huffington Post menuliskan kalau baru-baru ini, sekelompok pelajar Standford, California membuat prototipe untuk skateboard canggih yang dapat dipakai dalam segala kesempatan, seperti pergi sekolah, pergi kerja, wisata, dll.

Daily Mail

Skateboard ini dilengkapi teknologi canggih seperti 2 motor kecil dekat roda belakang yang berfungsi untuk mengendalikannya dan mampu menghasilkan daya 2.000 watt atau setara dengan 2,6 horsepower, sehingga kecepatan maksimum dari kendaraan ini bisa mencapai 32 km/jam.

Daily Mail

Selain itu, skateboard ini juga dilengkapi dengan baterai Lithium yang bisa di-recharge dengan rem generatif ketika kendaraan sedang bergerak. Recharge baterai ini memerlukan waktu 2 jam. Dalam keadaan penuh, tenaga baterai tersebut dapat bertahan untuk perjalanan sejauh 9 km.

Skateboard ini menggunakan papan yang ringan supaya lebih mudah dikendarai dan akselerasinya menjadi lebih baik. Papan yang digunakan hanya seberat 5 kg. Hal ini juga memungkinkan para pengguna membawanya seperti ketika berpergian dengan pesawat terbang, bus, mobil, dll.

Untuk konsep temuan cemerlang ini, para pelajar didanai oleh Kickstarter. Mereka mendapatkan dana sekitar 260.000 dollar Amerika (2 milyar rupiah), dua kali lipat dari jumlah awal yang mereka targetkan.

Skateboard ini mendapat tanggapan positif dari berbagai kalangan. Lebih dari 700 orang sudah mendaftar untuk skateboard tersebut dalam situs pendanaan mereka. Rencananya, produk awal sudah dapat diluncurkan pada bulan Mei tahun 2013 mendatang dengan harga pertama yang ditawarkan 1.199 dollar Amerika (11 juta rupiah).

Bayangkan jika para pengguna motor di Jakarta beralih menggunakan skateboard canggih ini, mungkin kemacetan di Ibukota dapat terurai.

Bagaimana pendapatmu? Tertarik mencoba kecanggihan alat ini? (yk)

Daily Mail

Comment di sini