Waduh! Tomcat Kembali Menyerang Warga Bone

by
September 19th, 2012 at 2:28 pm

Bone (CiriCara.com) – Serangga berwarna belang, tomcat yang sempat membuat heboh beberapa waktu lalu, kini kembali menyerang. Kali ini serangga yang terlihat seperti semut ini menyerang warga di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Sengatan tomcat yang bisa mengakibatkan memar dan luka bakar di kulit, membuat sejumlah warga resah. Apalagi menurut warga sekitar, serangga tomcat sudah mulai masuk ke rumah bahkan kamar mandi warga. Sejumlah warga juga sudah ada yang tersengat.

Agus (37), warga Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Watampone, Kecamatan Taneteriattang, mengalami luka sama seperti gejala terkena tomcat. Agus menuturkan, ia terkena tomcat pada tiga hari yang lalu. Saat itu, ia sedang berada di kamar mandi.

“Saya kan lagi mandi ternyata saya digigit, saya periksa di kamar mandi ternyata banyak sekali (tomcat),” tutur Agus kepada Kompas. Bahkan, Agus berhasil menangkap salah satu tomcat yang menyengatnya di kamar mandi. Ia menuturkan bahwa saat disengat, ada rasa perih disertai panas hingga kulitnya melepuh.

Sementara itu, Ria, seorang ibu rumah tangga di Jalan HOS. Cokroaminoto, Macege, Kecamatan Taneterattang Barat juga mengalami hal yang sama seperti Agus. Bedanya, Ria mengalami pembengkakan pada bagian wajah di atas mata sehingga membuatnya kesulitan untuk melihat.

Menurut Ria, tomcat yang menyengatnya berada di bawah tempat tidurnya. Saat maghrib tiba, tomcat-tomcat itu langsung menyerbu kamar tidurnya. Namun, Ria dan sejumlah warga lainnya mengaku belum mengetahui dari mana tomcat itu berasal.

Serangga tomcat sebenarnya tidak termasuk dalam kategori serangga mematikan. Namun, kehadiran tomcat di pemukiman penduduk akan meresahkan warga karena sengatannya bisa mengakibatkan kulit melepuh. Hal itu disebabkan karena cairan racun yang ada di ekor tomcat.

Meskipun demikian, sebenarnya sengatan tomcat bisa diobati. Mengenai cara mengobati sengatan tomcat, bisa dilihat di sini. Untuk mencegah peredaran tomcat, lakukanlah penyemprotan dengan cairan pembunuh hama tumbuhan. (YG)

Comment di sini