CiriCara: Cara Tepat Mencari Pekerjaan Melalui Internet

by

CiriCara.com - Lowongan pekerjaan memang selalu diburu oleh orang-orang terutama bagi mereka yang baru lulus SMA atau lulus dari kuliah. Dengan bekerja tentunya akan menghasilkan uang dan uang tersebut akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Di era modern saat ini orang tidak perlu lagi membeli koran atau pergi ke tempat-tempat tertentu untuk membaca iklan lowongan pekerjaan. Namun, Anda bisa mencarinya melalui internet yang bisa dicari kapan dan di mana saja berada. Internet bukan hanya menyajikan informasi pekerjaan-pekerjaan yang Anda perlukan, tetapi internet juga akan menyajikan berbagai tips membuat CV yang baik, surat lamaran yang baik, dan sukses dalam tes psikologi atau wawancara.

Dengan begitu Anda bisa dengan mudah mecari lowongan pekerjaan dan bisa lolos dari berbagai tes untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Sebelum Anda melamar pekerjaan melalui internet, kali ini CiriCara.com akan membagikan cara tepat mencari pekerjaan melalui internet agar Anda tidak tertipu. Mau tahu apa saja tipsnya? Simak 5 cara berikut ini:

1. Cari website yang bisa dipercaya

Bila Anda ingin mencari kerja melalui internet, maka pastikan website yang dijadikan referensi merupakan website yang bisa dipercaya. Website tersebut harus jelas dan memiliki kontak yang akurat. Carilah website yang sudah diketahui orang banyak untuk mencari pekerjaan, biasanya website tersebut sudah terbukti kebenarannya. Selain itu, website yang sudah dikenal namanya oleh masyarakat pun biasanya melakukan promosi besar-besaran agar semakin dikenal oleh masyarakat luas.

2. Buat resume yang menarik

Setelah mendapati berbagai website lowongan kerja, masukkan surat lamaran kerja, pas foto terbaru, dan CV Anda. Tujuannya adalah agar perusahaan tidak kebingungan menghubungi jika mereka tertarik pada lamaran Anda. Bila ingin melamar pekerjaan melalui internet, maka pastikan ketiga hal tersebut dibuat dengan sangat baik dan semenarik mungkin. Pastikan bahasa, ejaan, tata letak, hingga kelengkapan dokumen sudah benar. Jika hal tersebut terdapat kesalahan, maka bisa jadi Anda tidak diterima oleh perusahaan tersebut.

3. Cari posisi yang sesuai dengan kemampuan

Di dalam surat lamaran, cantumkan posisi yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki dan sesuai minat. Alangkah baiknya untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan kedua hal tersebut karena dengan begitu Anda tidak akan merasa terbebani oleh pekerjaan. Selain itu, posisi yang sesuai dengan kemampuan juga harus dicantumkan agar perusahaan tersebut bisa melihat apa ketertarikan Anda di perusahaannya.

4. Cek identitas perusahaan

Website lowongan kerja menampilkan beberapa perusahaan yang sedang mencari para pekerja baru. Di website tersebut Anda hanya tinggal memilih perusahaan mana yang ingin Anda lamar. Namun, sebelum menaruh surat lamaran pekerjaan ada baiknya untuk mengecek identitas perusahaan tersebut di Facebook, Twitter, atau media online lainnya. Tujuannya adalah agar tidak tertipu bila perusahaan tersebut menghubungi Anda untuk datang wawancara.

5. Jangan mencantumkan rekening tabungan

Jangan pernah mencantumkan nomor rekening Anda di website lowongan kerja karena rata-rata website tersebut memberikan informasi secara gratis. Jadi jangan sampai Anda tertipu oleh website yang bila meminta nomor rekening Anda.

Itulah 5 cara yang bisa Anda terapkan bila ingin mencari pekerjaan melalui internet. Bila cara tersebut sudah dilakukan, maka tinggal menunggu panggilan saja dan hanya Anda yang bisa memutuskan untuk bekerja di perusahaan mana. (NR)


comments powered by Disqus