CiriCara: Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Wajah

CiriCara.com – Jerawat bukan hal yang asing lagi bagi wanita maupun pria. Jerawat yang muncul terkadang membuat Anda tidak percaya diri dalam berpenampilan. Berbagai cara dilakukan agar wajah bebas dari jerawat, seperti memencetnya, rajin mencuci wajahnya, dan lain sebagainya.

Namun, jerawat tidak boleh dipencet karena bisa memicu infeksi maupun bekas luka yang mengganggu penampilan Anda. Namun terkadang orang merasa tidak tahan untuk memencetnya. Agar tidak infeksi dan tidak meninggalkan bekas luka, ada cara yang bisa diberikan sebelum memutuskan untuk memencet jerawat tersebut. Simak tips berikut ini:

1. Pastikan jerawat yang dipencet sudah matang

Sebelum ada hasrat untuk memencet jerawat tersebut, pastikan jerawat tersebut sudah matang. Jerawat yang sudah matang biasanya akan muncul butiran putihnya. Bila Anda sudah melihat butiran tersebut, maka boleh memencetnya asalkan perhatikan poin berikut.

2. Bersihkan kuku dan jari tangan dengan alkohol

Bila jerawat tersebut dipastikan sudah matang dan terlihat putihnya, maka Anda harus membersihkan tangan terlebih dahulu dengan alkohol. Usapkan tangan Anda ke alkohol bila akan berpindah dari jerawat yang satu ke jerawat yang lain. Pemakaian alkohol sangat penting dilakukan bila sebelum memencet jerawat agar tidak meninggalkan bekas luka di wajah.

3. Gunakan sarung tangan lateks yang steril

Cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan sarung tangan lateks yang steril. Tujuannya adalah agar mengurangi kontaks langsung antara jari tangan dengan kulit wajah.

Bagaimanapun juga memencet jerawat merupakan hal yang harus dihindari bila memencetnya tidak benar karena akan berisiko padah wajah Anda yaitu munculnya noda hitam dan terjadi peradangan. Namun bagi Anda yang sudah terlanjur memencet jerawat dan terdapat bekas jerawat, sebaiknya simak tips berikut ini:

Cara alami

1. Bubuk kayu cendana

Bubuk kayu cendana yang dibuat pasta dapat bekerja secara ajaib untuk menutupi pori-pori kulit yang besar bekas jerawat. caranya adalah oleskan pada bekas jerawat pada saat hendak pergi tidur, lalu biarkan hingga pagi hari. Setelah itu bilas wajah dengan air dingin. Bila Anda menggunakan cara ini secara rutin, maka hasilnya akan bagus.

2. Es batu

Bila jerawat meninggalkan bekas di wajah, maka biasanya pori-pori akan membesar. Untuk mengencangkannya kembali Anda bisa mengusapkan es batu ke wajah yang dilakukan selama 15 menit.

3. Timun atau tomat

Mengusapkan timun atau tomat ke wajah merupakan cara lain untuk menghilangkan bekas jerawat. Setelah mengusapkan timun atau tomat ke wajah Anda, biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Tomat tidak hanya untuk mengecilkan pori-pori saja, tetapi cocok juga untuk kulit wajah yang berminyak.

Tumbuhnya jerawat terkadang membuat penampilan Anda menjadi kurang percaya diri. Alangkah baiknya menghilangkannya dengan cara alami, bukan dipaksa untuk dipencet karena bisa menimbulkan peradangan pada wajah. Bila jerawat yang ada di wajah sudah terlalu banyak, maka konsultasikanlah ke dokter kecantikan. Di sana Anda akan diberikan cara terbaik untuk menghilangkan jerawat tersebut. (NR)


comments powered by Disqus