Inilah Tipe-tipe Cinta yang Romantis

CiriCara.com – Pujangga Perancis, Victor Hugo mengatakan bahwa kebahagiaan terbesar dalam hidup adalah keyakinan bahwa kita dicintai oleh seseorang. Selama berabad-abad manusia berusaha menafsirkan apa itu cinta sehingga definisi cinta pun beragam.

Cinta merupakan sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Pendapat lain mengatakan cinta adalah aksi atau kegiatan yang dilakukan manusia terhadap objek lain berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

Beragam definisi cinta tersebut namun kamu harus mengetahui tipe cinta romantis yang umumnya menjadi landasan hubungan sepasang kekasih. Dikutip dari Mediaindonesia, inilah 7 tipe cinta romantis:

1. Escapist love

Jenis ini memiliki arti bahwa kamu jatuh cinta pada seseorang yang diharapkan mampu mengubah kehidupanmu. Orang ini akan mampu membawa kamu keluar dari masalah eksistensi diri atau penderitaan psikologis. Dengan begitu, dia akan secara harfiah mampu menyelamatkan kehidupan kamu.

2. Savior-complex love

Jenis cinta ini merupakan kebalikan dari escapist love. Kamu jatuh cinta kepadanya karena berpikir dapat menyelamatkan atau memperbaiki “kerusakan” yang diderita dia. Segala sesuatunya akan kamu lakukan untuknya demi mengubahnya menjadi orang yang baik.

3. Self-loathing love

Kamu jatuh cinta kepada orang yang memperlakukanmu dengab buruk. Bila menjalin hubungan ini, maka bisa melibatkan pelecehan emosional, caci maki, serta kekerasan fisik. 

4. Redemptive love

Rasa cinta kamu kepada dia membuat kehidupan terasa lebih berharga dan bermakna. Selain itu, kamu jatuh cinta kepada orang itu karena merasa orang tersebut memiliki perasaan cinta yang sama denganmu.

5. Pratical love

Perasaan jatuh cinta kamu timbul karena menyadari orang itu memiliki nilai-nilai dan tujuan hidup yang serupa dengan dirimu. Tujuan kamu menjalani kisah cinta ini karena kalian ingin menggapainya bersama-sama apa yang diinginkan.

6. Antonymical love

Alasan jatuh cinta kepadanya karena kamu merasa dia sangat berbeda dari yang lain dan begitu eksotis. Segala hal yang dilakukannya sangat berbeda sehingga membuat kamu terpesona dan terpikat olehnya. Jenis cinta ini bertolak belakang dengan narcissistic love.

7. Narcissistic love

Perasaan jatuh cinta ini muncul karena kamu merasa memiliki kesamaan dengan dia. Ketika melihatnya seolah memandang cermin dan merefleksikan bayangan kamu sendiri. Hati-hati menjalani jenis cinta seperti ini karena bisa membuat kalian bosan.

Itulah 7 tipe cinta yang sudah diberikan. Termasuk tipe cinta manakah kamu dan pasangan?

(NR)


comments powered by Disqus