Pilkada DKI: 1.800 Polisi Jaga Solo

by
September 20th, 2012 at 1:43 pm

Ilustrasi

Solo (CiriCara.com) – Sebanyak 1.800 personel polisi telah disiapkan untuk bersiaga guna menjaga keamanan di Surakarta. Pengamanan ini dilakukan terkait dengan pelaksanaan pemilihan Gubernur DKI Jakarta yang sedang berlangsung.

Meskipun demikian, Kepolisian Resor Kota Surakarta membantah bahwa status keamanan di Surakarta meningkat jadi siaga satu. “Kami hanya melakukan siap siaga pasukan, tapi bukan siaga satu,” kata Kapolresta Surakarta, Komisaris Besar Asdjimain, seperti dikutip Tempo.

Asdjimain menuturkan bahwa penyiagaan pasukan tersebut merupakan perintah langsung dari Polda Jawa Tengah dan Kodam Diponegoro Jawa Tengah. Pasalnya, ada beberapa alasan untuk menyiagakan pasukan. “Ada rencana demo buruh di Jakarta,” katanya.

Selain itu, Kamis 20 September 2012 ini, sedang dilaksanakannya pemilihan Gubernur DKI Jakarta putaran kedua. Di mana, dalam Pilkada DKI itu ada satu calon yang merupakan Walikota Surakarta, Joko Widodo (Jokowi). Itulah sebabnya, pasukan perlu disiagakan.

Asdjimain juga menyebutkan bahwa penyiagaan pasukan tersebut juga terkait maraknya protes terhadap film anti-Islam. Di mana film tersebut dianggap telah menghina Nabi Muhammad SAW dan agama Islam. Ia berharap agar gelombang protes tersebut tidak mengganggu keamanan di Surakarta.

Menurut Asdjimain, guna memaksimalkan pengamanan, semua personel yang disiagakan akan memegang senjata. Antara lain, senjata api dengan peluru karet dan senjata api dengan peluru tajam. Asdjimain menjamin, pengamanan Kota Surakarta akan dilakukan sesuai dengan prosedur.

Sementara itu, Komandan Resor Militer (Korem) Warastratama Surakarta, Kolonel Ahmad Supriyadi, mengatakan pengamanan ini terkait Pilkada DKI. Ia berharap pesta demokrasi itu tidak akan mempengaruhi keamanan Surakarta.

“Penyiagaan pasukan ini dilakukan demi mengawal jalannya pesta demokrasi,” katanya.

Sejauh ini belum ada tanda-tanda akan adanya kerusuhan terkait Pilkada DKI. Namun, ia mengklaim bahwa pihaknya akan tetap waspada demi menciptakan keamanan di Kota Surakarta. (YG)

Comment di sini