Pilkada DKI: 8.000 Waria Jakarta Coblos Jokowi-Ahok

by
September 20th, 2012 at 12:06 pm

Anggota Forum Komunikasi Waria se-Indonesia memberi dukungan pada ketua mereka Yulianus Rettoblaut (kiri) di gedung Komnas HAM, Jakarta, Jumat (20/1). TEMPO/Dasril Rozandi

Jakarta (CiriCara.com) - Jokowi-Ahok dipastikan mendapatkan suara dari anggota Forum Komunikasi Waria se-Indonesia di Jakarta pada Pilkada DKI Jakarta putaran ke-2.

Hal ini terungkap setelah Ketua Forum Komunikasi Waria se-Indonesia Yulianus Rettoblaut atau yang akrab dipanggil Mama Yulie menyatakan dukungan pada pasangan cagub-cawagub yang berasal dari luar Jakarta ini.

Mama Yulie seperti dikutip dari Tempo.co mengatakan, di Jakarta ada 8.000 waria yang siap mendukung Jokowi. Salah satu alasan yang membuat para waria Ibukota tertarik pada program Jokowi adalah karena mereka ingin perubahan.

“Jokowi punya komitmen untuk itu,” ungkapnya.

Mewakili anggotanya, Mama Yulie mengutarakan harapannya ketika Jokowi sudah terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta. Ia berharap kaum waria tak lagi mendapatkan diskrimnasi. Ia ingin kaum waria memperoleh akses ke pekerjaan dan kesehatan, tidak dibedakan dengan warga lainnya.

Yulie yang datang ke TPS 31, Jalan Kebagusan IV Pasar Minggu, Jakarta Selatan, berharap pemerintah memperhatikan nasib kaumnya. Ia datang bersama tiga kawannya ke TPS 31 sebagai bentuk dukungan nyata pada Jokowi yang mendampingi Megawati mencoblos di TPS yang sama.

Selain itu, Yulie yang sebelumnya sudah mencoblos di TPS 60 di Cilandak, Jakarta Selatan, juga ingin mengawasi jalannya pencoblosan.

Pemungutan suara untuk menentukan siapa yang akan memimpin DKI Jakarta 5 tahun ke depan akan segera diketahui. Sejumlah lembaga telah siap dengan quick count yang hasilnya tidak berbeda jauh dengan hasil penghitungan resmi dari KPU.

Pada Pilkada DKI Jakarta putaran pertama, Jokowi-Ahok berhasil mengungguli Foke-Nara meskipun survei yang dilakukan sebelumnya menunjukkan hasil yang berkebalikan. (hp)

Comment di sini