Pilkada DKI: Ada “Manusia Setengah Dewa” di TPS 29

Jakarta (CiriCara.com) – Ada yang unik pada pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta putaran dua di TPS 29, Kelurahan Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Selain dipadati warga yang akan memilih, terdengar juga suara “Manusia Setengah Dewa”.

Ya, itu merupakan judul lagu dari musisi senior, Iwan Fals. Lagu yang berjudul “Manusia Setengah Dewa” sengaja putar melalui pengeras suara oleh panitia di TPS 29 untuk mengingatkan warga tentang pemimpin yang bijak, tegas, dan adil.

Situasi di sekitar TPS 29 ini semakin ramai saat warga turut menyanyikan sebagian lirik lagu ini.

Turunkan harga secepatnya. Berikan kami pekerjaan. Tegakkan hukum setegak-tegaknya. Adil dan tegas tak pandang bulu. Pasti kuangkat engkau. Menjadi manusia setengah dewa,” sorak warga mengikuti suara lagu “Manusia Setengah Dewa” Iwan Fals.

Menurut Ketua KPPS di TPS 29, Priyanto, lagu tersebut sangat bagus. Priyanto menjelaskan bahwa lagu tersebut diputar agar suasana di TPS juga semakin meriah dan tidak terlalu tegang.

“Lagu ini bagus mas, biar orang pintar milih, biar enggak keliatan sepi juga. Enggak buat pengaruhin pilihan orang kok, kita kan udah pada pinter milih semua,” ujar Priyanto, seperti dikutip Kompas.

Para pemilih di TPS 29 merupakan warga dari RT 014, RT 015, RT 018, dan RT 019/RW 07. Sebagian besar merupakan warga penghuni Rumah Susun Karet Tengsin. Tercatat ada 545 pemilih tetap di TPS 29 ini.

Namun, Priyanto menuturkan bahwa ada 160 undangan yang belum terbagi karena ketidakjelasan tempat tinggal para calon pemilih. Menurutnya, saat didatangi ke alamatnya mereka sudah pindah. “Mudah-mudahan hari ini mereka datang ke TPS, nanti kita kasih formulis C-6-nya,” jelasnya.

Sebelumnya, pada Pilkada DKI Jakarta putaran pertama, kebanyakan warga di TPS 29 memilih pasangan Jokowi-Ahok. Sebanyak 177 orang memilih Jokowi-Ahok dan 54 orang memilih Foke-Nara. Sedangkan sisanya memilih pasangan lain. (YG)


comments powered by Disqus