Pilkada DKI: Hasil Akhir Quick Count Kompas, Jokowi-Ahok Unggul 52,97%

by
September 20th, 2012 at 3:40 pm

 

Media Indonesia


Jakarta (CiriCara.com) – Pemungutan suara di Pilkada DKI Jakarta putaran kedua sudah resmi ditutup di semua TPS. Masing-masing TPS sudah mulai menghitung perolehan suara dari masing-masing pasangan calon. Lalu, bagaimana dengan hasil hitung cepatnya?

Hitung cepat (quick count) sudah mulai terlihat di beberapa televisi dan juga media internet. Hasil hitung cepat ini bukanlah hasil resmi. Karena pemenang dari Pilkada DKI Jakarta 2012 putaran kedua akan diambil berdasarkan hitung manual di KPU pusat.

Berdasarkan hasil hitung cepat yang dilakukan Kompas.com yang mengambil sumber dari Litbang Kompas, pasangan Jokowi-Ahok unggul tipis dengan perolehan suara sebesar 52,97 persen. Sementara pasangan Foke-Nara hanya meraih suara 47,03 persen.

Berikut rincian lengkap dari hitung cepat (quick count) Kompas.com:

- Perolehan suara: Foke-Nara 47,03%  Vs  52.97% Jokowi-Ahok
- Suara sah: 64,45%
- Suara tidak sah: 1,07%
- Suara tidak digunakan: 34,48%
- Total sampel: 200 sampel

Dari data di atas, angka Golput (tidak memilih) pada Pilkada DKI putaran dua ternyata masih cukup tinggi. Namun, belum diketahui apa penyebab banyak warga yang Golput.

Meskipun di hasil hitung cepat pasangan Jokowi-Ahok menang, namun tetap saja keputusan pasti harus menunggu perhitungan manual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta. Namun, setidaknya hasil hitung cepat tersebut sudah bisa membuat Anda memprediksikan siapa pemenangnya. (YG)

Comment di sini