CiriCara: Cara Ajaib Agar Panjang Umur, Memangnya Ada?

by
September 21st, 2012 at 3:31 pm

CiriCara.com – “Selamat ulang tahun! Semoga panjang umur!” Begitulah kalimat yang biasa keluar dari mereka yang mengucapkan selamat kepada orang yang sedang berulang tahun.

Ucapan “semoga panjang umur” adalah doa agar orang yang punya hajat bisa senantiasa sehat dan terjaga keselamatannya dalam mengarungi kehidupan yang kian keras ini.

Sejak zaman dulu, banyak orang menginginkan umur yang panjang. Ramuan kuno yang dinamai Eliksir Kehidupan disebut-sebut mampu membuat orang panjang umur di zaman dulu kala. Ramuan ini sebenarnya hanya merupakan mitos sebab hingga sekarang tak ada yang mampu membuktikan keberadaanya.

Ramuan ini punya nama tersendiri di Asia, Eropa, dan Afrika. Tiongkok tercatat sebagai kebudayaan yang pernah menyebut ramuan ajaib ini di dalam riwayatnya. Mesir dan Yunani juga memiliki kisah terkait ramuan yang bisa membuat orang hidup abadi. Mesir punya Thoth. Yunani punya Hermes Trismegistus. Keduanya dianggap dewa yang tak bisa mati setelah meminum ramuan eliksir.

Mungkin karena kisah ramuan eliksir kuno yang diminum kedua dewa itu, saat ini, di zaman yang disebut modern ini, masih banyak orang yang yakin bahwa ada minuman yang bisa memperpanjang usia secara instan. Benarkah demikian?

Para peneliti asal Amerika Serikat pada 2009 mengaku berhasil menemukan Eliksir Kehidupan yang dibuat dari tanah Pulau Paskah di Kepulauan Polinesia. Ketika diujicobakan pada tikus, jangka waktu kehidupan tikus jantan naik 28 persen sedangkan umur tikus betina meningkat 38 persen.

Namun, obat ini menekan sistem imun manusia sehingga penyakit bisa dengan mudah menyerang. Hingga kini para peneliti masih mengembangkan temuan tersebut.

Ya, sayangnya cara ajaib agar panjang umur tidak atau belum ditemukan. Namun sebenarnya cara memperpanjang usia bisa dilakukan dengan lebih rasional dan nyata.

Dewa Thoth

Baru-baru ini, American Heart Association -organisasi yang mengayomi penderita penyakit jantung di Amerika Serikat- merilis hasil penelitian yang menghebohkan. Penelitian tersebut menyimpulkan orang yang gemar berselingkuh lebih cepat mati daripada orang yang setia kepada pasangannya. Kok bisa?

Menurut penelitian yang dipimpin oleh Professor Glenn Levine dari Baylor College of Medicine di Houston, Amerika Serikat, dari 6.000 pria yang meninggal secara mendadak saat berhubungan seks, sekitar 93% di antaranya ternyata meninggal karena serangan jantung di pelukan perempuan yang bukan merupakan istri mereka.

Jadi, salah satu cara agar awet muda adalah jangan pernah berselingkuh! Mudah bukan?

Lalu, apalagi yang bisa dipraktikan agar umur tetap bisa panjang? Makan makanan yang sehat!

“Kamu adalah makananmu!” Begitu ungkapan mereka yang mencoba menggambarkan karakter orang menurut jenis makanan yang dimakan. Orang yang berat badannya berlebihan biasanya tidak mengatur pola makannya.  Perut gembul identik dengan berbagai macam penyakit mematikan seperti kolesterol dan jantung.

Iklan di televisi, majalah, koran, radio, di manapun, banyak yang menyinggung soal manfaat sayuran dan buah bagi kesehatan. Iklan tak selamanya benar, namun untuk masalah ini mereka sepenuhnya tepat! Lemak jenuh dan kandungan racun di dalam tubuh bisa diimbangi dengan asupan bermanfaat dari sayuran dan buah. That’s it! Cara kedua, jangan lupa makan buah dan sayur setiap hari biar awet muda.

Kira-kira ada tidak cara lain yang rasional, nyata, dan mudah dilakukan agar umur bisa panjang seperti Besse Cooper yang bisa merayakan ulang tahunnya yang ke 116?

Jawabannya adalah olahraga. Olahraga sudah jelas sangat bermanfaat bagi kita. Kalau tidak, menteri pendidikan tidak akan memasukkannya di dalam kurikulum sekolah dari TK hingga SMA. Dengan berolahraga, kita menjadi sehat karena ada aktivitas yang membakar lemak jahat di dalam tubuh. Temukan satu hobi olahraga yang paling disukai.

Kamu mungkin tidak percaya, tapi olahraga yang paling efektif untuk membakar lemak adalah jalan santai. Olahraga ringan namun rutin lebih berguna ketimbang berolahraga berat tetapi jarang dilakukan. Omong-omong soal menteri pendidikan, kenapa tidak ada mata kuliah olahraga di bangku kuliah ya?

Itulah cara mudah agar panjang umur. Cara yang ajaib dan instan belum lah ditemukan. Boleh mengharap, tapi sementara para ilmuwan sedang mengerjakan tugasnya mencari Eliksir Kehidupan, mari kita praktikan cara-cara di atas bersama-sama. (hp)

Comment di sini