Di Madura, 7 Murid SD Diajar 10 Guru

by
September 21st, 2012 at 10:40 am

Sumenep (CiriCara.com) - Ketika banyak yang mengeluh karena kekurangan guru di daerah-daerah, suatu sekolah di Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Madura menunjukkan kondisi yang bertolak belakang.

Seperti diberitakan oleh BeritaJatim.com, SDN Gapura Barat 3 dihuni oleh 10 orang guru yang terdiri dari 6 guru kelas dan masing-masing satu untuk guru agama, olahraga, kesenian, dan kepalas sekolah, namun jumlah murid keseluruhan hanyalah 7 orang. Ketujuh murid itu antara lain kelas II (2 orang), kelas IV (1 orang), kelas V (2 orang), dan kelas VI (2 orang).

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sumenep M. Kamali Ersyad mendapatkan temuan ini setalah memperoleh laporan dari warga. Ia menyayangkan proses mutasi guru yang baru saja dilaksanakan sebab guru-guru di sekolah tersebut luput dari pantauan dinas yang bertanggung jawab terhadap persebaran guru.

Ersyad mengaku segera menghubungi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Kecamatan Gapura untuk melakukan pengecekan ulang. Dari hasil pengecekan, ditemukan bahwa SDN Gapura Barat 3 sudah berulang kali mengajukan mutasi guru, namun Dinas Pendidikan belum juga memberikan jawaban.

Kondisi SDN Gapura Barat 3 termasuk memprihatinkan sebab jumlah muridnya amat sedikit. Menurut Ersyad, di lingkungan sekitar sekolah tidak ada alternatif sekolah lain yang jaraknya berdekatan dengan SDN Gapura Barat 3 oleh karena itu kemungkinan regrouping dengan sekolah lain sulit dilakukan.

“Mungkin bisa saja sekolah itu diubah statusnya menjadi sekolah kecil. Tapi ini akan kami kaji dulu,” lanjutnya.

Namun ia menerangkan bahwa Dinas Pendidikan telah memasukkan sekolah tersebut ke daftar regrouping. Dengan regrouping, dikhawatirkan murid yang akan menjadi korban karena terbentur masalah jarak dan sebagainya.

“Ya mudah-mudahan kalau di-regrouping, tidak ada murid yang menjadi korban,” tandasnya.  (hp)

Comment di sini