Kapan Daratan Es di Arktik Akan Mencair Semua?

by
September 21st, 2012 at 12:06 pm

CiriCara.com – Berita tentang pemanasan global sudah santer terdengar. Suhu permukaan Bumi saat ini memang semakin panas. Bahayanya, kedua kutub Bumi, yaitu Utara (Arktik) dan Selatan (Antarktika) menjadi ancaman bagi seluruh penghuni Bumi jika daratan es mereka mencair.

Pasalnya, peningkatan suhu Bumi beberapa tahun belakangan ini sudah mengikis beberapa bagian daratan es besar yang menutupi perairan pada kedua kutub tersebut.

Live Science

Data terbaru yang didapat pada 16 September 2012 untuk kutub utara, menyatakan bahwa es lautnya sudah berada pada rekor terendah dengan hanya memiliki luas sebesar 3,41 juta km persegi. Sedangkan, pada pengamatan terakhir yang diadakan tahun 2007, es laut di kutub utara masih menutupi wilayah seluas 4,17 juta km persegi.

Data tersebut disampaikan oleh badan National Snow and Ice Data Center (NSIDC). Ini adalah angka terendah yang didapat oleh tim peneliti sejak perhitungan luas es laut Arktik yang dihitung sejak tahun 1970-an. Walt Meier, salah seorang ilmuwan di NSIDC menyampaikan bahwa mereka tidak mengharapkan kalau angka perhitungan tersebut akan terus merosot dari tahun ke tahun.

Pertanyaan mengenai kapan daratan es raksasa yang sudah mulai menipis itu akan mencair semua, belum dapat dipastikan oleh para peneliti dunia.

Berdasarkan perkiraan yang dibuat para peneliti, es laut tersebut diperkirakan akan mencair sempurna dalam kurun waktu 4 atau 5 tahun mendatang. Akan tetapi, struktur beberapa es laut di kutub utara ini ada yang lebih tebal, dan mungkin itu akan membutuhkan waktu lama untuk mencair.

Selain itu, mencairnya es laut ini justru akan memperparah pemanasan global. Pasalnya, es laut terbentuk dari membekunya air laut maupun samudra, sehingga membantu memantulkan sinar matahari yang masuk ke Bumi serta menghalangi penyerapan energi berlebih dari sinar matahari.

Jika jumlah es yang mencair semakin meningkat, maka Bumi akan menyerap panas matahari lebih banyak, karena air laut cenderung bersifat menyerap energi matahari.

Fakta lainnya adalah pada 1980, luas es laut Arktik ini mampu menutupi 48 negara bagian Amerika Serikat termasuk pecahan negara bagian tersebut. Sedangkan, pada tahun 2012 ini, luas es tersebut bahkan tidak mampu menutupi setengah dari negara tersebut.

Keadaan Bumi ini memang memprihatinkan. Seharusnya, ini menjadi tanggung-jawab semua manusia karena Bumi ini adalah milik kita bersama. (yk)

Live Science

Comment di sini