Pilkada DKI: Pembuat Baju Kotak-kotak Pesta Daging Kambing

by
September 21st, 2012 at 12:06 pm

VIVAnews

Solo (CiriCara.com) – Kemenangan Joko Widodo dalam hasil hitung cepat (quick count) dalam Pilkada DKI Jakarta yang digelar pada 20 September 2012 berdampak luas pada perajin baju kotak-kotak di Kota Solo.

Para perajin tersebut sangat gembira karena Walikota Solo kebanggaan mereka berhasil menjadi Gubernur DKI Jakarta. Diberitakan oleh Tempo.com, mereka juga merasa menjadi bagian atas kemenangan itu.

“Kami kemarin terus memantau proses hitung cepat di televisi,” kata pemilik Arjuna Tailor, Suparto, Jumat, 21 September 2012 dilansir dari sumber yang sama.

Saat mengetahui kemenangan Jokowi, Suparto segera menggelar syukuran dengan warga sekitar dengan menyembelih kambing.

Suparto adalah seoran pengusaha kecil yang diminta secara langsung oleh Jokowi untuk memproduksi baju kotak-kota sebanyak seribu potong. Permintaan ini membuatnya kewalahan karena jumlah yang terlalu banyak.

“Waktu itu, Jokowi pesan seribu helai baju,” ujarnya.

Permintaan pun membludak dari berbagai daerah di luar Solo, bahkan ia sempat mendapat pesanan dari luar negeri seperti Singapura dan Australia. Pemesan dari kedua negara tersebut adalah warga Indonesia yang tinggal di sana.

Walaupun Pilkada DKI telah usai, Suparto yakin jika permintaan untuk baju kotak-kotak akan terus meningkat karena baju tersebut sudah menjadi tren umum dan orang banyak masih akan terus mencarinya.

Baju kotak-kotak sendiri mulai populer ketika pasangan Cagub dan Cawagub DKI Jakarta, Jokowi dan Basuki, mulai memakainya pada bulan Maret 2012 sebelum Pilkada DKI Jakarta putaran pertama dilaksanakan. Motif kotak-kotak pada baju tersebut melambangkan permasalahan Jakarta yang sangat kompleks dan beragam serta terkotak-kotak. (RN)

Comment di sini