Amerika Tolak Sayembara Bunuh Produser Film Anti-Islam

by
September 24th, 2012 at 3:27 pm

CiriCara.com – Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengutuk keras sayembara bunuh produser film Innocence of Muslims. Menurut pejabat AS, sayembara yang bersifat kekerasan itu tidak pernah dibenarkan dalam hal apapun.

“Presiden dan menteri luar negeri, keduanya menyatakan video itu tendensius, menyerang, menjijikan, dan tercela. Namun tidak ada pembenaran untuk melakukan kekerasan,” ujar seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS, yang tidak mau disebutkan namanya.

Pemerintah AS menilai, sayembara bunuh produser Sam Bacile itu bisa memicu konflik baru. Karenanya, AS secara tegas mengecam sayembara yang disampaikan oleh Menteri Perkeretaapian Pakistan, Ghulam Ahmad Bilour.

Sebelumnya, Ghulam di hari Jumat (21/9/2012) kemarin, mengeluarkan pernyataan kontroversial mengenai film Innocence of Muslims. Ghulam mengaku siap memberikan hadiah 100 ribu dollar AS atau sekitar Rp 1 miliar untuk siapa pun yang berhasil membunuh produser Innocence of Muslims, Sam Bacile.

“Saya akan membayar siapapun yang membunuh pembuat video ini, yaitu sebesar 100 ribu US Dollar,” ucap Ghulam seperti dikutip Radio Australia.

Ghulam juga tidak segan meminta bantuan Al-Qaeda dan Taliban untuk membunuh Sam Bacile yang telah membuat film menistakan agama Islam. Jika berhasil, maka hadiah 100 ribu US Dollar itu akan diberikan kepada dua kelompok buronan AS tersebut.

Ghulam lebih lanjut mengklaim akan melakukan hal yang sama jika nantinya muncul film yang serupa seperti film Innocence of Muslims. “Jika orang lain membuat bahan hujatan lain yang serupa di masa depan, saya juga akan membayar pembunuhnya 100 ribu US Dollar,” lanjutnya.

Hingga saat ini Sam Bacile masih berada di Amerika Serikat. Produser film yang dianggap menghina agama Islam ini masih dalam penyelidikan pihak berwajib di AS. Bacile tidak bisa dihukum mati karena di AS terdapat undang-undang kebebasan berekspresi. (YG)

Comment di sini