CiriCara: 5 Cara Agar Efisien Dalam Bekerja

by
September 24th, 2012 at 4:35 pm

CiriCara.com – Efisiensi merupakan hal yang sangat penting dalam bekerja. Tujuannya adalah agar Anda bisa bekerja secara cepat dan efisien. Jika Anda tidak pandai-pandai mengatur waktu dalam bekerja, maka akan banyak energi yang terkuras dan mungkin tak ada pekerjaan yang terselesaikan dengan maksimal.

Untuk itu, agar tugas-tugas di kantor dapat Anda kerjakan dengan baik dan tidak terbengkalai, sebaiknya simak 5 cara berikut ini yang dikutip dari Mediaindonesia.com:

1. Datang lebih awal

Datang ke kantor kira-kira 15-30 menit sebelum mulai bekerja untuk mempersiapkan segala sesuatu. Cek semua surat, email, dan memo yang masuk, dan balas jika membutuhkan respon segera. Periksa juga yang harus Anda lakukan dan catat semua jadwal pertemuan untuk hari itu. Datang ke kantor lebih awal akan banyak manfaatnya, seperti menenangkan pikiran sejenak, meminum secangkir kopi, berbincang-bincang dengan rekan kerja, dan lain sebagainya. Dengan begitu, aktivitas di kantor akan sangat menyenangkan dan dapat bekerja efisien.

2. Dahulukan pekerjaan sulit

Tugas apapun yang biasa Anda kerjakan di kantor tentunya akan menguras energi. Pagi hari merupakan waktu yang paling sempurna untuk mengerjakannya karena Anda masih memiliki tenaga ekstra dan pikiran yang masih fresh. Jika berhasil menyelesaikan tugas yang sulit, maka secara otomatis mood Anda pun ikut baik dan bersemangat mengerjakan tugas-tugas lainnya.

3. Jauhi orang-orang bermasalah

Agar bekerja efisien, Anda juga perlu menjauhi orang-orang yang bermasalah yang dapat menularkan pengaruh buruk. Tipe pengganggu konsentrasi di kantor, seperti tukang kritik, tukang pamer, dan lain sebagainya harus Anda jauhi agar bekerja lebih efisien. Bergaul dengan orang-orang seperti itu akan mengganggu kinerja Anda ketika bekerja.

4. Hindari interupsi

Dalam mengerjakan sesuatu saat di kantor sangat memerlukan konsentrasi penuh agar dapat memperoleh hasil maksimal. Oleh karena itu, hindari interupsi apapun yang dapat memecahkan fokus perhatian Anda pada pekerjaan. Apabila selama ini Anda terbiasa menerima telepon ketika sedang mengerjakan tugas, maka kebiasaan tersebut harus segera dihentikan.

5. Jangan stres

Stres dan frustasi hanya akan membuat pikiran semakin buntu pada saat berada di kantor. Jika beban pekerjaan mulai terasa intens, maka curi waktu sejenak untuk berolahraga kecil untuk melemaskan otot yang kaku dan tegang. Selain itu, untuk menghilangkan rasa cemas dan kepanikan, tarik dan hembuskan napas dalam dua hitungan secara cepat melalui hidung dan diikuti dengan satu tarikan nafas panjang lalu dikeluarkan melalui mulut.

Efisien dalam bekerja memang sangat dibutuhkan karena untuk membuat dirinya disiplin dan dapat menyelesaikan kerjaannya tepat waktu. Bila Anda bekerja tidak efisien, maka pekerjaan dan diri Anda bisa kacau. Untuk itu, terapkanlah 5 cara di atas agar Anda efisien dalam melakukan pekerjaan apapun. (NR)

Comment di sini