CiriCara: 5 Cara Ampuh Bernegosiasi

by
September 24th, 2012 at 5:10 pm

CiriCara.com – Negosiasi adalah sebuah keahlian yang bisa dipelajari. Negosiasi terjadi ketika Anda melihat bahwa orang lain memiliki atau menguasai sesuatu yang diinginkan. Namun, sekedar menginginkan saja tidak cukup. Anda harus melakukan negosiasi untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Agar bernegosiasi dapat terjadi dengan sukses, Anda harus siap untuk memberikan atau merelakan sesuatu yang bernilai yang dapat ditukar dengan sesuatu yang diinginkan tersebut.

Namun, tidak semua orang bisa menjadi seorang negosiator yang handal. Untuk mengetahuinya, sebaiknya Anda simak cara berikut ini yang dicuplik dari Mediaindonesia.com agar menjadi negosiator yang handal:

1. Menyiapkan amunisi

Bernegosiasi tanpa persiapan sama saja dengan sengaja membiarkan diri sendiri kalah. Untuk itu, pastikan Anda benar-benar mengetahui apa yang diinginkan dari kesepakatan yang akan dibuat. Selain itu, lakukan penelitian terhadap pihak lain untuk memahami kebutuhan, kekuatan, hingga kelemahannya. Cari tahu apa saja yang sapat saling dipertukarkan oleh masing-masing pihak.

2. Memilih waktu yang tepat

Memilih waktu yang tepat sangat berpengaruh untuk mencapai kesuksesan bernegosiasi. Anda harus sensitif dalam menentukan kapan waktu yang tepat untuk menekan maju dan kapan waktunya untuk menunggu.

3. Menekan ego

Seorang negosiator yang baik akan menunjukkan sikap tidak peduli atau seolah-olah tidak peduli terhadap siapa yang memperoleh kemenangan atas kesepakatan yang berhasil dibuat. Ia pandai membuat pihak lain merasa solah-olah persetujuan akhir tersebut merupakan idenya.

4. Berpegang teguh pada prinsip

Orang yang profesional tentunya memiliki prinsip yang harus ditaati dan tidak bisa ditawar-tawar. Jika merasa kesepakatan tersebut telah melanggar batas, maka lebih baik membiarkannya lepas.

5. Memikirkan alternatif

Pikirkan jalan keluar alternatif sekiranya Anda tidak menemukan kata sepakat dengan pihak lain. Definisikan sejauh mana Anda sanggup menerima kekalahan atau kerugian jika menerima atau menolak tawaran yang diberikan pihak lain.

Dalam buku Teach Yourself Negotiating, karangan Phil Baguley dijelaskan tentang definisi negosiasi yaitu cara untuk menetapkan keputusan yang dapat disepakati dan diterima oleh dua pihak dan menyetujui apa dan bagaimana tindakan yang akan dilakukan di masa mendatang. (NR)

Comment di sini