CiriCara: Cara Cegah Rambut Beruban Pada Remaja

by
September 24th, 2012 at 1:15 pm

CiriCara.com – Rambut beruban ternyata bukan permasalahan rambut yang terjadi pada orang berumur saja, namun ternyata remaja juga memiliki permasalahan rambut seperti ini. Rambut beruban biasanya disebabkan karena stres, pola makan tidak baik, kurang memperhatikan kesehatan rambut, dan faktor umur. Selain itu, ada juga makanan dan minuman yang bisa memicu tumbuhnya uban.

Namun, permasalahan ini cukup membuat gelisah para remaja khususnya perempuan. Biasanya remaja perempuan yang rambutnya beruban akan menjadi tidak percaya diri ketika berpenampilan. Apabila Anda termasuk remaja perempuan yang memiliki rambut beruban, ada baiknya untuk menyimak 5 tips berikut ini:

1. Konsumsi vitamin B12

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 sangat baik untuk kesehatan rambut. Vitamin B12 akan membantu menangkal tumbuhnya uban lebih cepat. Untuk itu, sering-seringlah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, seperti telur, ke[piting, salmon, ikan, dan hati.

2. Jangan stres

Dicuplik dari Tribunnews, Profesor Robert Lefkowitz dari Duke University, North Carolina, Amerika Serikat mengatakan bahwa stres yang kronis dapat menyebabkan berbagai kondisi dan kelainan pada manusia, seperti rambut beruban hingga kelainan lain yang mengancam kehidupan. Ada baiknya untuk mencegah stres dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein dan selalu melakukan kegiatan yang menyenangkan.

3. Jangan merokok

Rokok bukanlah hal yang berguna bagi tubuh. Banyak penyakit yang bisa ditimbulkan akibat merokok, seperti jantung, kanker, sesak nafas, dan lain sebagainya. Namun, tidak hanya mengganggu kesehatan tubuh, rambut pun juga dapat mengalami kerusakan akibat rokok, seperti kerontokan dan tumbuhnya uban.

4. Kurangi makanan pedas

Jika tidak ingin rambut ada beruban, maka ada baiknya untuk mengurangi makanan pedas. Makanan pedas, mengandung kafein, alkohol, dan asam dapat dengan mudah menjadikan kulit kepala Anda menjadi kering. Daripada terlalu sering mengonsumsi makanan tersebut, lebih baik Anda memakan sayur-mayur yang bisa menyehatkan tubuh dan rambut.

5. Konsumsi makanan bertembaga

Mengonsumsi makanan bertembaga juga baik untuk kesehatan rambut. Makanan bertembaga bisa mencegah tumbuhnya uban pada rambut Anda. Untu itu, konsumsilah makanan yang mengandung tembaga, seperti bayam, daging, nanas, dan delima.

Bila kesehatan rambut terjaga dan tidak tumbuh uban pada rambut Anda, maka akan bisa tampil percaya diri. Bagaimanapun juga, rambut beruban akan membuat rambut jadi terlihat tidak indah. Untuk itu, cegahlah rambut beruban dengan menerapkan 5 cara di atas. (NR)

Comment di sini