CiriCara: Cara Menghemat Waktu di Dapur

by
September 24th, 2012 at 3:02 pm

CiriCara.com – Hampir semua ibu rumah tangga ataupun ibu yang bekerja mengaku bahwa pekerjaan rumah tangga sangat menyita waktu, apalagi perihal memasak.

Itulah sebabnya, ibu-ibu di zaman modern ini lebih memilih untuk menghemat waktu dengan makan di restoran ataupun rumah makan sederhana, sehingga mereka tidak perlu repot memasak di rumah.

Akan tetapi, sering makan di restoran, bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan, apalagi untuk makanan sehari-hari keluarga Anda. Kebiasaan tersebut akan berpengaruh besar pada keuangan keluarga, ditambah lagi, banyak bahan-bahan penyedap berbahaya yang sering ditambahkan ke masakan.

Jika Anda termasuk seorang ibu yang sibuk, di mana harus bekerja, mengurus anak, dan harus memasak bagi keluarga Anda, maka cara-cara berikut ini dapat dipraktikkan untuk menghemat waktu Anda saat bekerja di dapur.

1. Persiapkan di awal

Jika Anda sibuk sebagai wanita karier tapi tetap ingin memberikan yang terbaik bagi keluarga, Anda dapat mempersiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan untuk memasak makan malam. Misalnya, daging ayam dapat dicuci terlebih dahulu, kemudian taruhlah di wadah kering dan masukkan ke dalam lemari es. Jika ingin memasak sayuran, Anda dapat mencuci dan memotong-motongnya pada pagi hari ataupun malam sebelumnya, jika ingin dimasak untuk menu sarapan. Persiapkan sebagian bahan di awal sangat membantu Anda untuk menghemat waktu dalam memasak.

2. Mengupas seperti profesional

Saat Anda harus mengupas kentang, bawang, atau bahan lainnya seperti jahe, lakukanlah layaknya seorang koki profesional. Jangan habiskan waktu Anda hanya untuk mengupas bahan-bahan tersebut. Cara profesional dalam mengupas adalah dengan menghadapkan mata pisau ke arah dalam, lalu lakukanlah gerakan seperti menyisir kulit dari bahan yang Anda kupas. Beberapa sumber memberikan rahasia bahwa adalah lebih mudah mengupas jahe dengan menggunakan ujung sendok, daripada menggunakan pisau.

3. Pilih bahan makanan yang cepat matang

Untuk menu sarapan, di mana Anda harus memasaknya pagi-pagi sekali, sebaiknya Anda memilih menu makanan yang menggunakan bahan makanan yang cepat matang saat dimasak. Dengan kata lain, gunakanlah bahan makanan yang tidak menghabiskan waktu lama saat dimasak, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama sampai bahan makanan tersebut matang. Misalnya saja, untuk sarapan Anda dapat memasak telur, ikan fillet, roti, kentang, dsb.

4. Lakukan satu atau dua hal bersamaan

Pernahkah Anda melihat bagaimana seorang koki profesional memasak 3 menu secara bersamaan? Ya, itu tujuannya untuk menghemat waktu yang mereka punya. Metode ini pun dapat Anda tiru. Misalnya, selagi Anda menunggu kentang goreng mulai berubah cokelat-keemasan dan garing, Anda dapat menyiapkan sayuran rebus, atau bahan lain yang diperlukan untuk menu santap keluarga. Dengan demikian, kegiatan memasak jadi lebih cepat selesai.

5. Memasak sambil membersihkan

Alasannya mengapa kebanyakan ibu merasa malas untuk memasak, ialah karena peralatan kotor sehabis digunakan pasti akan menumpuk saat semua hidangan selesai dimasak. Hal ini dapat di atasi dengan cara nomor 4, seperti yang sudah disebutkan di atas. Cobalah untuk melakukan multi-tasking saat Anda memasak. Jadi, selagi Anda memasak dan menunggu bahan-bahan tersebut matang, Anda dapat membersihkan sisa-sisa bahan yang berceceran, ataupun mencuci beberapa peralatan yang sudah selesai dipakai.

Itulah kelima cara yang dapat ibu praktikkan di rumah jika ingin menghemat waktu memasak karena memiliki kesibukan lainnya. Jadi, kalau para ibu tetap bisa menyiapkan hidangan lezat bagi keluarganya meski mereka sibuk berkarier, tentulah seisi keluarga akan merasa bahagia. Selamat mencoba! (yk)

Yahoo

Comment di sini