CiriCara: 5 Cara Agar Tetap Sehat Saat Berpergian

by
September 24th, 2012 at 2:31 pm

CiriCara.com – Saat berpergian terkadang menjadi suatu masalah bagi orang yang sedang menjalankan diet. Selama berpergian tentunya pola makan menjadi tidak teratur dan asupan nutrisinya pun menjadi tidak seimbang. Misalnya, ketika pergi berlibur bersama keluarga atau teman ke Bali, tentunya yang Anda makan merupakan makanan khas daerah tersebut.

Pada saat berada di kota lain, terkadang mata Anda tergoda dengan gerai makanan cepat saji dan tempat makan lainnya. Hal tersebut akan bisa menggagalkan diet dan pola makan Anda juga jadi tidak sehat. Setelah balik ke kota asal pun biasanya akan timbul penyesalan karena terlalu banyak makan dan lain sebagainya. Untuk itu, agar hidup tetap sehat selama berpergian sebaiknya simak 5 cara berikut ini:

1. Membawa makanan sendiri

Pada sat berpergian, ada baiknya untuk tetap membawa makanan sendiri dari rumah. Selain agar berhemat, membawa makanan sendiri juga bisa membuat Anda tetap sehat. Bila Anda berpergian jauh dengan memakai transportasi umum, seperti kereta, bus, dan pesawat, maka makanan yang disediakan belum tentu sehat. Untuk itu, bawalah makanan yang mengandung protein dan nutrisi yang cukup. Selain itu, bawa juga makanan yang tidak mudah hancur saat disimpan di dalam tas, seperti buah pir, apel, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

2. Meminum yang cukup

Saat berpergian jauh hingga berjam-jam lamanya akan membuat Anda lelah. Untuk itu, Anda harus meminum yang cukup selama perjalanan. Hindari meminum minuman yang mengandung alkohol dan soda. Anda disarankan untuk meminum air putih, susu, atau jus buah saja. Tujuannnya adalah agar kondisi badan tetap sehat dan bugar selama perjalanan dan saat berada di kota tujuan.

3. Sediakan camilan sehat

Sebelum pergi, pastikan Anda sudah membawa camilan sehat di dalam tas. Selain untuk berhemat, camilan juga bisa membuat tubuh Anda sehat. Pastikan camilan tersebut tercukupi selama Anda berada di kota tujuan. Camilan sehat yang bisa Anda bawa, seperti buah-buahan, air kemasan, makanan ringan yang sehat, dan lain sebagainya.

4. Hindari gerai makanan cepat saji

Meskipun makan di gerai makanan cepat saji merupakan pilihan yang nyaman dan cepat saat berada di kota baru, namun perlu diingat bahwa makanan cepat saji tersebut mengandung lemak dan kalori yang sangat tinggi. Selain itu, makan di gerai makanan cepat saji membuat Anda tidak bisa mengeksplorasi makanan yang menjadi kebudayaan lokal masyarakat setempat.

5. Sarapan sebelum pergi

Sebelum melakukan perjalanan, Anda diharuskan untuk sarapan. Sarapan dapat membantu Anda menjalankan kegiatan satu hari penuh. Pilihlah sarapan yang berserat tinggi dan kaya protein, seperti roti gandum dengan selai kacang. Dengan melakukan sarapan akan memberikan energi instan dan menjaga rasa kenyang hingga saat makan siang. Bila Anda sudah berada di kota tujuan, maka harus tetap melakukan sarapan agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Itulah lima cara yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat ketika berpergian. Bila hidup sehat Anda terapkan, maka kegiatan yang dilakukan akan terasa menyenangkan walaupun berada di kota lain. (NR)

Comment di sini