Ingin Duduk di Kokpit Pesawat, Pria Italia Nekat Jadi Pilot Gadungan

by
September 24th, 2012 at 9:51 am

CiriCara.com – Seorang pria pengangguran asal Italia nekat untuk berpura-pura menjadi pilot profesional, hanya karena ingin menikmati penerbangan dari kokpit pesawat.

Pria 32 tahun yang diketahui memiliki nama lengkap Andrea Sirlo, berpura-pura menjadi pilot profesional dengan memakai tanda pengenal palsu, seragam pilot, lengkap dengan topi dan jasnya.

Penampilannya itu berhasil mengelabui para pilot maskapai Air Dolomiti, yaitu pesawat yang hendak ditumpanginya dengan rute penerbangan, Munich (Jerman) menuju Turin (Italia) pada bulan April lalu. Kedua pilot pesawat tersebut, tidak mengetahui kalau Andrea adalah pilot gadungan.

Ketika pilot gadungan ini berada dalam kokpit pesawat, memang dia tidak menyentuh tombol apapun. Dia hanya duduk di kursi ketiga yang terletak di belakang kursi pilot dan kopilot. Sebenarnya, kursi tersebut diperuntukkan khusus bagi tamu istimewa.

Andrea berhasil menumpang hingga kembali ke negaranya dengan memalsukan tanda pengenal, menggunakan seragam pilot sungguhan, serta mengetakan bahwa dirinya adalah seorang pilot komersial yang dipromosikan langsung untuk menjadi kapten sejak usinya masih muda dulu.

Setelah menerima laporan kejanggalan ini, pihak kepolisian Italia dan detektif terus mengikuti dan menyelidiki pria ini. Akhirnya, Andrea, si pilot gadungan, berhasil ditahan di bandara Caselle, Turin, Italia.

Selain itu, polisi juga menyelidiki apakah Andrea pernah menumpang pesawat dari maskapai penerbangan lainnya dengan cara serupa atau tidak.

Juru bicara kepolisian Turin, Filippo Vanni mengatakan bahwa motif di balik pemalsuan identitas dengan menjadi pilot gadungan ini, dilakukannya untuk mengubah hidupnya. Dia ingin membuat imej baru bagi hidupnya dan membuat orang lain percaya serta mau menerima dirinya.

Mungkin pikirnya, dia akan mendapatkan teman baru di lingkungan yang baru, jika dia berpura-pura menjadi pilot professional. Atau, pria ini hanya ingin menikmati penerbangan gratis dan melihat pemandangan dari kokpit pesawat.

Kasus seperti ini pernah dijadikan alur cerita dalam film Hollywood yang berjudul “Catch Me If You Can”. Film yang bercerita tentang seorang yang juga berpura-pura menjadi pilot ini, dibintangi oleh Leonardo DiCaprio.

Untunglah, kasus pemalsuan identitas dengan berpura-pura menjadi pilot ini tidak sampai membahayakan pesawat Air Dolomiti yang membawa penumpangnya dari Jerman menuju Italia tersebut. (yk)

Sky News

Comment di sini