Inilah 7 Makanan Pembuka yang Patut Dicoba

by
September 24th, 2012 at 5:04 pm

CiriCara.com – Di masing-masing negara pasti memiliki kebudayaan kuliner yang berbeda-beda. Ada beberapa negara yang memiliki kebudayaan untuk menyantap makanan pembuka terlebih dahulu sebelum mereka disuguhkan dengan makanan utama.

Mungkin bagi sebagian besar orang Indonesia, hal tersebut terasa aneh. Akan tetapi, sekarang ini banyak ditemui beberapa restoran di Tanah Air yang sudah menawarkan menu makanan pembuka bagi para pelanggannya.

Untuk menambah informasi kamu tentang menu makanan pembuka yang terkenal di dunia, berikut ini ada 7 menu makanan pembuka yang terkenal di beberapa negara.

1. Bayam gulung

Cara membuat menu ini mirip dengan membuat sushi, makanan khas Jepang. Proses pembuatannya tentu saja digulung. Isi dalamnya terbuat dari campuran potongan daun bayam, keju, dan daging asap. Untuk kulitnya, biasanya dibuat sendiri dengan adonan khusus. Adonan tersebut diberi isian seperti yang disebutkan sebelumnya, lalu dipotong-potong sesuai selera, dan langkah terakhir dipanggang dalam suhu 200 derajat selama 10-12 menit.

2. Sayap ayam

Mungkin menu pembuka yang kedua ini sering kita jumpai. Sayap ayam ini juga cocok dijadikan menu sarapan ataupun camilan. Selain itu, banyak orang yang menggunakan sayap ayam ini sebagai lauk untuk bekal ke sekolah dan kantor.

3. Jamur goreng garing

Smoke n Grill

Jamur yang digunakan untuk menu ini adalah jenis jamur kancing yang bentuknya bulat-bulat seperti kancing. Pertama-tama, jamur ini dibaluri dengan tepung terigu yang sudah dicampur garam, telur, dan air. Kemudian digoreng dalam minyak yang panas selama 3 hingga 5 menit, sampai warnanya berubah cokelat-keemasan. Biasanya, jamur goreng garing ini disajikan dengan saus sambal atau mayones.

4. Udang koktail (Prawn Cocktail)

Menu ini agak jarang ditemui di Indonesia. Ini adalah udang rebus yang disajikan dengan saus koktail lezat. Cara membuatnya, udang dikupas terlebih dahulu, kemudian direbus dengan campuran bawang putih yang dihaluskan, dan garam. Setelah itu, saus koktailnya terbuat dari campuran cabai, tomat, lemon, garam, bawang putih, dan sedikit saus tobasco untuk rasa pedas dan asamnya. Menu ini sangat cocok untuk menjadi menu pembuka makan malam kamu.

5. Guacomole

Ini adalah jenis makanan pembuka asal Meksiko. Bahan utamanya adalah buah alpukat yang dihaluskan. Kemudian, alpukat tersebut dicampur dengan potongan bawah merah, cabai, daun ketumbar, dan sari jeruk nipis atau lemon. Umumnya, Guacomole ini ditemani dengan keripik jagung Meksiko yang dikenal dengan sebutan nachos, pada saat disajikan.

6. Taquitos ayam

Menu ini juga tidak kalah menariknya untuk diicip sebagai menu pembuka. Ini adalah tortilla yang diisi dengan potongan daging ayam kecil-kecil yang sudah dicampur terlebih dahulu dengan bawang putih, paprika, garam, dan cumin (bumbu herbal asal negara Latin). Sebelum digulung Taquitos ini diberi tambahan sedikit keju. Kemudian digoreng hingga cokelat-keemasan dan disajikan dengan salsa (potongan tomat segar yang diberi bumbu khusus).

7. Crostini

Menu pembuka ini menggunakan roti Prancis yang dipotong miring. Kemudian, potongan roti tersebut dioleskan minyak zaitun, mentega, dan bawang putih. Setelah itu, roti tersebut dipanggang hingga kecokelatan, dan diolesi dengan berbagai topping, seperti cokelat, potongan daging, dsb.

Itulah 7 menu pembuka yang paling lezat dan patut untuk dicoba. (yk)

eHow

Comment di sini