CiriCara: Cara Bijak Berutang

by
September 25th, 2012 at 2:57 pm

CiriCara.com – Saat ini hampir segala hal dapat dibeli secara kredit, mulai dari mobil, ponsel, televisi, motor, rumah, mesin cuci, dan lain sebagainya. Membayar secara kredit pada barang yang dibeli memang memberi kemudahan bagi sebagian orang. Dengan membayar kredit, tentunya Anda bisa memenuhi kebutuhan yang lainnya.

Namun, membeli dengan cara berutang atau kredit harus dilakukan dengan bijak. Alasannya agar Anda tidak akan terbelit utang dan dikejar-kejar tukang kredit. Agar tidak terjadi seperti itu, sebelum memutuskan untuk berutang sebaiknya simak cara berikut ini yang dicuplik dari Mediaindonesia.com:

1. Stabilitas pendapatan

Stabilitas pendapatan merupakan faktor yang sangat penting untuk diketahui. Semakin stabil pendapatan, semakin tinggi batas pinjaman yang dapat diambil. Jika pekerjaan yang Anda geluti mengandalkan dari komisi, maka pendapatan bisa dikatakan kurang stabil. Rasio utang yang ideal tergantung pada jumlah pendapatan serta aset-aset yang dimiliki.

2. Sumber pendapatan alternatif

Semakin banyak peputaran uang yang Anda miliki, semakin baik pula kesanggupan Anda untuk membayar utang. Peputaran uang bisa diperoleh dari kerja sampingan Anda. Misalnya, Anda seorang karyawan bank, namun memiliki bisnis yang cukup menguntungkan. Hal tersebut bisa menjadi sumber pendapatan alternatif Anda. Bila ada sumber pendapatan lain selain gaji pokok, maka Anda termasuk orang yang bijak berutang.

3. Rasio jaminan

Untuk mengetahui rasio jaminan Anda, hitung dahulu besar pendapatan yang masuk ke kantong setiap bulan, serta besar bunga pinjaman yang harus dibayar perbulannya. Agar perhitungan lebih tepat, kurangi dulu semua pengeluaran rumah tangga dari jumlah pendapatan keseluruhan dan gunakan angka tersebut untuk mengkakulasikan rasio jaminan. Jika rasio jaminan di atas angka 3, maka penghasilan Anda termasuk stabil dan keuangan jauh lebih aman.

4. Besarnya utang tergantung pada jumlah kekayaan

Besarnya utang yang boleh Anda ambil tergantung pada jumlah kekayaan, seperti aset secara keseluruhan. Jika sudah melunasi barang kreditan Anda yang lain, maka berutang lagi tak menjadi masalah. Namun, harus tetap diperhitungkan jangan sampai pengeluaran lebih besar daripada pendapatan.

5. Periksa uang tunai yang dimiliki

Sebelum mengajukan kredit, periksa dahulu besar tabungan dana darurat yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan berapa lama bisa bertahan jika kehilangan sumber penghasilan utama.

Bila Anda memikirkan hal-hal lain sebelum memutuskan untuk berutang, maka tentunya tidak akan terbelit oleh utang tersebut. Untuk itu, terapkan 5 cara di atas agar hidup Anda tak terbebani oleh utang. (NR)

Comment di sini