CiriCara: Cara Cermat Membeli Televisi

by
September 25th, 2012 at 11:57 am

CiriCara.com – Saat ini kemajuan teknologi kian berkembang dan membuat sebagian orang ingin terlibat dalam kemajuan teknologi tersebut. Tidak hanya ponsel yang memiliki kecanggihan luar biasa, televisi juga sudah bisa menyaingi layaknya ponsel pintar.

Kecanggihan yang dimiliki televisi saat ini, antara lain mampu memberikan gambar yang indah, bisa menyalakan televisi melalui respon suara, mampu mengakses konten dan terkoneksi internet tanpa batas, dan lain sebagainya.

Namun, jangan langsung tergoda oleh kecanggihan yang dimiliki televisi saat ini karena Anda harus pintar-pintar memilih televisi seperti apa yang bisa digunakan. Untuk itu, simak tips berikut ini yang dicuplik dari Readers Digest sebelum Anda membeli televisi:

1. Membelinya pada bulan September atau Januari

Jika Anda ingin membeli televisi baru, maka belilah pada bulan September atau Januari. Alasannya adalah pada bulan tersebut model baru keluar dan harga model televisi terakhir menjadi turun karena produksinya dihentikan.

2. Pilih sesuai keinginan

Saat ini kemajuan teknologi pada televisi sudah semakin canggih. Televisi yang beredar di pasaran, seperti plasma, LCD, dan LED. Televisi jenis plasma lebih tebal dari jenis lain dan harganya pun jauh lebih murah. Sedangkan untuk LCD dan LED menggunakan teknologi yang sama, tetapi LED lebih tipis dan mahal.

3. Pilihlah merek yang direkomendasikan

Untuk plasma, pilih merek Panasonic. Sedangkan, untuk LCD dan LED pilih merek LG, Panasonic, Samsung, dan Sony. Merek-merek ini dinilai konsisten di antara yang terbaik pada peringkat oleh Consumer Reports.

4. Jangan tertipu dengan pencahayaan toko

Televisi yang dipajang di toko diletakkan pada tingkat keterangan untuk menarik minat pembelinya. Namun, memutuskan untuk membeli televisi yang mana harus Anda sesuaikan juga dengan pencahayaan di rumah.

5. Pengiriman TV

Pastikan setelah Anda membelinya, TV tersebut diantar ke rumah. Usahakan TV tersebut diinstal pada hari yang sama saat dikirim ke rumah. Jika ada jeda antara pengiriman dan penginstalan, dikhawatirkan akan ada sesuatu yang salah dan Anda dikatakan sebagai pihak yang menyebabkan masalah.

6. Garansi

Jika Anda memutuskan untuk memperpanjang garansi, tanyakan apakah garansi termasuk di servis di rumah atau harus di bawa ke pusat merek toko tersebut. Jika Anda membawanya ke toko, maka akan dikenakan biaya lagi. Selain itu, tanyakan juga secara detail mengenai garansi apa saja yang Anda dapat.

7. Simpan kemasan TV

Simpan kardus atau styrofoam plastik yang ada di dalam kemasan. Tujuannya adalah bila televisi yang Anda beli tidak beres, maka bisa dikembalikan ke produsen.

Perlu diketahui juga bahwa televisi yang beredar saat ini memiliki model yang tipis dan berlayar datar. Layar datar memang memiliki gambar yang indah, namun suaranya kurang bagus bila tidak memakai sistem audio lagi. Selain itu, ada juga televisi 3D yang mana Anda harus menggunakan kacamata 3D bila ingin menyaksikan film-film tertentu.  Semua merek dan model televisi yang ada tergantung pada peminatnya, namun tetap perhatikan cara di atas agar Anda bisa mendapatkan TV sesuai keinginan dan kebutuhan. (NR)

Comment di sini