CiriCara: Cara Menjalin Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

by
September 25th, 2012 at 4:36 pm

CiriCara.com – Menciptakan suasana yang menyenangkan saat di kantor itu penting. Tujuannya adalah agar Anda bisa bekerja dengan baik. Selain itu, hubungan antara rekan kerja kantor juga harus dilakukan dengan baik agar suasana di kantor aman dan nyaman. Hubungan yang buruk dapat menyebabkan ketidakharmonisan, ketidaksepakatan, dan masalah lainnya.

Menciptakan suasana yang tidak harmonis pada saat di kantor, tentunya akan membuat Anda dan rekan  kerja lainnya tidak bisa berkonsentrasi untuk bekerja. Untuk itu, sangat penting menjalin hubungan yang baik atau persahabatan antar sesama rekan kerja lainnya. Berikut beberapa tips yang dikutip dari Mediaindonesia.com agar tercipta hubungan yang harmonis pada saat di kantor:

1. Jujur

Sangat penting untuk berkata jujur pada diri sendiri dan rekan kerja Anda. Cobalah menjadi sosok yang rendah hati, terbuka dan bersahabat ketika rekan kerja  Anda yang lainnya sedang memiliki masalah.

2. Saling menghormati

Bersikap saling menghormati itu penting dilakukan pada saat di lingkungan kerja. Jangan menunjukkan superioritas di depan rekan kerja lainnya. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki hak pendapat.

3. Tidak menuntut

Ketika Anda membantu rekan kerja dan ia ingin melakukan sesuatu sebagai imbalannya, cukup katakan “Tidak terima kasih.” Cara ini akan membantu Anda untuk mendapatkan rasa hormat untuk diri sendiri.

4. Menerima

Sangat penting untuk menerima kekuranga maupun kelebihan rekan kerja Anda yang berada di kantor. Ingatlah bahwa semua orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Untuk itu, Anda harus bersikap seperti ini agar menciptakan suasana yang harmonis saat di kantor.

5. Tidak bergosip

Agar tercipta suasana yang harmonis antara Anda dan rekan kerja lainnya, jangan begosip. Jangan membahas salah satu rekan kerja Anda dengan yang lain. Anda tidak pernah tahu kapan hal itu akan berbalik dan akan menyebabkan masalah pada diri Anda. Jika tidak menyukai seseorang, maka simpan pada diri sendiri saja.

6. Pergi keluar bersama rekan kerja

Rekan kerja di kantor bisa saja menjadi teman baik bagi Anda. Untuk itu, pergilah dengan mereka untuk makan siang atau makan malam bersama. Dengan begitu hubungan antar rekan kerja akan semakin harmonis.

7. Melakukan kontak mata

Tersenyumlah setiap waktu, tertawalah pada lelucon mereka, dan cobalah untuk tidak menyilangkan tangan dan kaki ketika Anda duduk di depan mereka.

Ketujuh cara tersebut bisa Anda lakukan bila ingin menciptakan suasana yang harmonis pada saat di kantor. Membina hubungan yang baik antar sesama rekan kerja memang harus dilakukan agar pekerjaan juga bisa terselesaikan dengan baik. (NR)

Comment di sini