CiriCara: Cara Sehat Mengonsumsi Kentang Goreng

by
September 25th, 2012 at 5:09 pm

CiriCara.comKentang goreng atau french fries merupakan makanan kesukaan banyak orang. Tidak hanya ada di restoran cepat saji saja, namun kios-kios kecil di mall atau food center juga menyediakan makanan enak yang satu ini. Kentang goreng sangat nikmat disajikan bila disiram saus pedas atau mayonaise aneka rasa. Rasanya akan membuat ketagihan bila dicampur dengan kedua bumbu tersebut.

Camilan yang tinggi kalori, garam, lemak, dan rendah nutrisi ini termasuk ke dalam kategori makanan junk food atau makanan sampah. Bila memakan terlalu berlebihan, maka berat badan Anda akan naik atau menyebabkan kegemukan. Namun tenang saja, makanan ini masih boleh dinikmati asalkan Anda mengonsumsinya tidak berlebihan. Untuk itu simak tips berikut ini:

1. Pesan dalam porsi kecil

Sebesar apapun porsi yang dipesan, tentunya Anda akan menghabiskan kentang goreng tersebut. Padahal, semakin kecil porsi yang Anda pesan, semakin sedikit kalori dan lemak yang masuk ke tubuh. Jika Anda memesan ukuran kecil atau porsi anak, maka 100 kalori dan 5 gram lemak yang hanya masuk ke dalam tubuh.

2. Jangan memakannya sendirian

Gayl Canfield, Ph. D., R.D., seorang direktur ahli nutrisi dari Pritkin Longevity Center mengatakan bahwa semakin sedikit kentang goreng yang Anda makan, semakin baik. Untuk itu, jangan habiskan satu porsi kentang sendirian bila tidak ingin berat badan Anda naik. Tambahkan menu makanan lain yang lebih sehat, seperti sup atau salad.

3. Pilih potongan tebal

Ada banyak jenis kentang goreng yang biasa dijumpai, seperti wedges, waffle, dan curly. Menurut Canfield potongan yang tebal dan besar akan lebih baik. Alasannya adalah potongan yang tebal akan membuat area yang terkena minyak goreng lebih sedikit, area lain yang tidak tersentuh minyak lebih sehat untuk dikonsumsi.

4. Pilih yang dipanggang atau oven

Proses panggang atau memasak dengan oven jauh lebih sehat dibandingkan proses menggoreng. Anda bisa memakai cara ini dengan membuat ketang panggang di rumah. Tentunya akan lebih sehat karena memakai sedikit minyak.

Dengan begitu Anda akan tetap bisa menikmati kentang goreng dengan aman tanpa harus memikirkan berat badan yang akan naik. (NR)

Comment di sini