Inilah Cara Lumba-lumba Melahirkan [Video]

Dolphin Quest

Hawaii (CiriCara.com) – Pernahkah kamu melihat bagaimana seekor lumba-lumba melahirkan anaknya? Salah satu tempat pembudidayaan lumba-lumba di Hawaii, yakni Dolphin Quest Hawaiimerekam momen penting saat seekor induk lumba-lumba melahirkan anaknya.

Pada 17 Sepetember lalu, induk lumba-lumba yang diberi nama Keo melahirkan anaknya yang juga berjenis kelamin betina. Induk lumba-lumba yang berumur 12 tahun ini melewati 1 jam masa persalinan, sebelum akhirnya sang bayi betina pertamanya lahir.

Pada saat, waktu untuk bersalin tiba, Keo berenang ke dermaga dengan ekor anaknya sudah menyumbul sedikit keluar. Keo melahirkan dengan ditemani oleh dokter hewan dan petugas Dolphin Quest.Beberapa staf Dolphin Quest membantu mengabadikan momen spesial tersebut.

Dr. Rae Stone, seorang dokter mamalia laut sekaligus wakil pendiri Dolphin Quest mengatakan bahwa kehadiran para staf di dalam air saat proses persalinan, membuat Keo merasa nyaman untuk melahirkan anaknya.

Setelah bayi lumba-lumba ini lahir, Dr. Rae langsung memeriksa denyut jantungnya untuk memastikan bahwa bayi lumba-lumba ini terlahir dengan sehat.

Berbeda dengan manusia, bayi lumba-lumba terlahir dengan ekor yang terlebih dulu keluar. Masa kehamilan seekor lumba-lumba pun lebih lama dari manusia, yaitu mencapai 9 hingga 17 bulan tergantung jenisnya.

Bayi lumba-lumba ini akan dirawat dan disusui oleh induknya selama 11 bulan hingga 2 tahun. Selain itu, mereka juga akan tetap berada dekat dengan induknya hingga usia 3-8 tahun.

Inilah video proses melahirkan seekor lumba-lumba yang direkam oleh petugas Dolphin Quest.

(yk)

Huffington Post


comments powered by Disqus