Salah Undangan, Pesta Ulang Tahun Berujung Kericuhan [Video]

by
September 25th, 2012 at 10:30 am

CiriCara.com – Facebook maupun jejaring sosial lainnya memang sangat membantu untuk menyebarluaskan berita. Kini, sebagian besar orang malah memilih untuk menggunakan Facebook sebagai pengganti kartu undangan untuk pesta pernikahan, pesta ulang tahun, dan acara kebersamaan lainnya.

Tapi, undangan melalui jejaring sosial seperti Facebook, juga dapat berakibat fatal, jika kamu lupa mengatur undangan tersebut menjadi “private”.

Inilah yang terjadi di sebuah kota kecil di Belanda yang memiliki populasi sekitar 19.000 jiwa saja.

Seorang gadis 16 tahun yang tinggal di kota tersebut ingin merayakan ulang tahunnya. Gadis yang bernama Haren ini, membuat undangan melalui akun Facebooknya. Celakanya, dia lupa mengubah jenis undangan tersebut menjadi “private”.

Akibatnya, undangan “public” tersebut pun disebarluaskan oleh teman-teman Haren ke teman-teman lainnya yang bahkan tidak dia kenal, sehingga ribuan orang pun sudah menanti pesta yang akan diadakan di rumah Haren.

Sekitar 30.000 pengguna Facebook menyatakan akan hadir pada pesta yang diberi nama Project X Haren. Merasa takut dan kebingungan, akhirnya Haren melapor kepada pihak berwajib. Mereka meralat tentang undangan tersebut, dan mengatakan bahwa pestanya dibatalkan jadi tidak perlu datang ke rumah Haren.

Meski mereka telah melakukan upaya terbaik, setidaknya ada 3.000 orang yang tetap datang ke rumah Haren. Parahnya, mereka yang datang bukan orang-orang pembawa damai, melainkan pembawa kericuhan.

Petugas kepolisian pun berjaga-jaga di depan rumah Haren. Sedangkan, pemilik rumah sudah pergi meninggalkan rumahnya.
Ribuan orang yang berkumpul ini seperti kecewa karena pestanya ditiadakan, sehingga mereka membuat pesta sendiri dengan melemparkan batu, botol ke arah polisi. Selain itu, mereka juga menjarah beberapa toko sekitar, membakar mobil, merusak lampu jalan dan petunjuk jalan.

Dari insiden tersebut, dilaporkan bahwa 36 orang menderita luka-luka dan 20 perusuh ditahan. Menurut Oscar Dros, petugas kepolisian setempat mengatakan bahwa kejadian seperti ini baru pertama kali terjadi di Belanda.

Oddity Central melaporkan bahwa sebelumnya kejadian serupa pernah terjadi di Jerman karena seorang gadis belia melakukan kesalahan yang sama dengan yang dilakukan Haren, yaitu mengubah jenis undangan Facebook-nya menjadi private

Inilah video yang merekam ketegangan yang terjadi akibat kesalahan membuat undangan di Facebook.

(yk)

Oddity Central

Comment di sini