CiriCara: 4 Cara Detoks Alami

by
September 26th, 2012 at 10:43 am

CiriCara.com – Banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Salah satu caranya adalah dengan melakukan detoks alami. Istilah detoksifikasi atau pengeluaran racun dahulu dikenal sebagai cara pengobatan untuk para pecandu minuman keras dan obat-obatan terlarang.

Namun, saat ini digunakan sebagian orang untuk mengeluarkan racun dalam tubuh atau berdiet. Dalam tubuh manusia tentunya mengandung racun yang bisa datang dari makanan, udara yang dihirup, dan pola makan yang tidak sehat. Untuk mengeluarkan racun tersebut diperlukan detoks alami dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan membatasi jenis makanan yang berbahaya bagi tubuh. Bagi Anda yang ingin melakukan detoks alami, simak 4 cara berikut ini yang dicuplik dari Vemale.com:

1. Istirahat

Istirahat yang cukup merupakan cara detoksifikasi yang sangat mudah dilakukan, namun seringkali banyak orang menyepelekan kegunaan istirahat bagi tubuh. Dengan beristirahat yang cukup dapat membantu organ-organ tubuh untuk ikut beristirahat dan mempersilakan sel-sel dalam tubuh untuk beregenerasi. Tanpa istirahat, tubuh akan semakin banyak menumpuk racun-racun yang biasa didapat saat tubuh sedang dalam kondisi kurang istirahat. Selain itu, organ-organ yang berperan dalam proses detoksifikasi juga akan terganggu bila tidak beristirahat. Untuk itu, tidurlah tujuh hingga 8 jam dalam sehari.

2. Meminum air putih

Anda disarankan untuk meminum air putih yang cukup dalam sehari yaitu 2 liter perhari. Air merupakan cairan yang sangat diperlukan bagi tubuh terutama bagi ginjal di mana ia berperan aktif dalam penyerapan cairan. Bila Anda meminum air putih yang cukup dalam sehari, maka akan membuang banyak racun yang ada dalam tubuh melalui urin.

3. Mengonsumsi buah dan sayur

Buah-buahan juga berperan penting dalam proses detoksifikasi alami pada tubuh karena mengandung serat yang dapat mengikat zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dan membuangnya melalui feses. Bagi Anda yang kurang meminum air putih 2 liter perhari, maka dapat digantikan dengan mengonsumsi buah yang mengandung banyak air, seperti semangka.

4. Olahraga

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang harus dilakukan karena dibutuhkan bagi tubuh. Dengan berolahraga bisa memperlancar peredarah darah dan olahraga juga dapat mengeluarkan keringat di mana hal tersebut adalah salah satu cara tubuh mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh melalui kulit. Untuk itu, berolahragalah setidaknya seminggu 3 kali agar tubuh mengeluarkan keringat.

Riani Susanto ND. CT, spesialis detoksifikasi dari Health Choice mengatakan bahwa diet detoksifikasi berfungsi untuk memberi gizi pada organ-organ tubuh yang bertugas mengeluarkan racun. Dengan pemberian gizi yang baik, organ-organ tersebut dapat bekerja maksimal dan racun yang menumpuk pun dapat dikeluarkan. Untuk melakukan detoksifikasi diperlukan motivasi yang tinggi dari diri sendiri. Keberhasilannya juga terletak pada niat dan upaya pelakunya. Hal lain yang harus dipersiapkan sebelum melakukan detoks adalah membersihkan pikiran dan hati. (NR)

Comment di sini