CiriCara: Cara Mencuci Tangan yang Benar

by
September 26th, 2012 at 3:42 pm

CiriCara.comMencuci tangan merupakan salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari dengan menggunakan air ataupun cairan lainnya. Bukan hanya bisa menghilangkan kotoran di tangan saja, tapi mencuci tangan juga bisa membersihkan hati dan pikiran.

Penelitian yang dilakukan tim dari University of Michigan, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa mencuci tangan juga bisa membantu membersihkan perasaan buruk. Aktivitas bersih-bersih ini ternyata tak hanya berdampak positif pada kesehatan fisik, tapi juga psikologis.

Namun, sayangnya banyak orang yang tidak suka mencuci tangannya. Padahal, kegiatan ini harus dilakukan setidaknya lima kali sehari jika berada di tempat terbuka dan banyak bersentuhan dengan peralatan maupun orang lain. Selain itu, Anda juga diharuskan mencuci tangan setelah melakukan aktivitas di toilet, sebelum makan, bersalaman dengan orang banyak, memegang keyboard, telepon, dan lain sebagainya.

Agar kuman yang menempel di tangan hilang, Anda harus mencuci tangan dengan cara yang benar. Bagaimana cara mencuci tangan yang benar? Untuk itu, simaklah langkah-langkahnya berikut ini:

1. Basahi dengan air hangat

Sebelum memakai sabun, basahilah tangan Anda terlebih dahulu dengan air hangat. Membasahi tangan dengan air hangat bisa membuat sabun menjadi lebih berbusa yang turut membantu mengambil semua sampah-sampah yang ada di tangan. Namun, Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC) yang dicuplik dari Detikhealth mengatakan bahwa air biasa saja sudah cukup baik untuk membersihkan dan menghilangkan kuman.

2. Gosok tangan yang diberi sabun hingga berbusa

Menggosok tangan merupakan hal terpenting saat mencuci tangan. Ketika mencuci tangan sebaiknya menyabuni kedua sisi tangan mulai dari pergelangan tangan hingga ujung jari-jari serta jangan lupa juga untuk menggosokkan sabun pada sela-sela jari. Lakukan hal tersebut selama 20 detik, lalu bilas dengan menggunakan air mengalir untuk membuang kuman-kuman.

3. Keringkan dengan benar

Setelah itu keringkan dengan menggunakan handuk atau tisu yang bersih sebelum melakukan kegiatan lain.  Bila tidak dikeringkan dengan benar, maka kuman akan kembali menempel di tangan Anda.

Dikutip dari Detikhealth, saat ini pemerintah sedang menggalakan gerakan cuci tangan dengan sabun karena cukup efektif mengurangi penularan berbagai penyakit. Tanggal 15 Oktober pun diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia. (NR)

Comment di sini