CiriCara: Cara Tepat Mengatasi Anak Bertengkar

by
September 26th, 2012 at 5:01 pm

CiriCara.com – Suasana tidak menyenangkan selain pertengkaran antara suami dan istri, ternyata pertengkaran antara kakak dan adik juga cukup memusingkan Anda sebagai seorang ibu. Sebagai orang tua tentunya Anda bisa stres bila setiap hari sang anak selalu bertengkar walaupun karena permasalahan kecil.

Bila anak-anak bertengkar, maka Anda jangan ikut untuk terprovokasi sehingga ikut-ikutan berteriak. Namun, pertengkaran anak-anak di rumah jangan juga Anda biarkan begitu saja. Kalau terjadi hal-hal yang lebih menakutkan, seperti mengambil benda-benda tajam nantinya Anda juga yang akan repot dan kebingungan.

Untuk mengatasi pertengkaran yang terjadi pada anak, sebaiknya Anda sebagai orangtua harus menyimak tips berikut yang dicuplik dari Web MD berikut ini:

1. Segera pisahkan

Saat anak sedang berkelahi, segera pisahkan mereka. Jauhkan mereka untuk sementara waktu agar bisa menenagkan dirinya masing-masing.

2. Ajak bicara anak

Ajak bicara dan kompromi anak Anda secara baik-baik mengenai pertengkaran yang terjadi. Ajarilah mereka untuk berhenti marah dan mulai berkomunikasi dengan tenang. Biarkan mereka menceritakan masalah yang terjadi dan dengarkan keluhan si kakak dan si adik, tapi jangan langsung menghakimi. Setelah itu, Anda bisa memberikan solusi yang terbaik buat kedua anak.

3. Buat peraturan

Pastikan semua anak mematuhi peraturan yang sudah Anda buat. Biarkan mereka membuat hukuman bagi seseorang yang melanggar peraturan, misalnya tidak boleh bermain game pada saat hari libur jika tidak menaati peraturan. Beri pujian kepada anak bila mereka terus menaati peraturan tersebut.

4. Jangan bandingkan satu sama lain

Sebagai orangtua, jangan pernah membandingkan anak  yang satu dengan yang lain. Melakukan hal tersebut malah akan memperburuk keadaan dan membuat anak menjadi iri. Jangan pernah mengatakan, “Kakak kamu baik, tapi kenapa kamu nakal?” Mengatakan hal ini kepada anak tentunya akan membuat anak semakin terpojokkan dan malah semakin nakal. Sebaiknya, Anda jangan pernah membeda-bedakan anak.

5. Hindari menyamaratakan hak masing-masing

Apabila Anda tidak ingin anak terus bertengkar, maka jangan menyamaratakan hak mereka. Misalnya, anak lebih tua diizinkan melakukan sesuatu yang belum boleh dilakukan oleh adiknya. Hal ini dilakukan demi kebaikan psikologisnya.

6. Berikan hak anak secara tepat

Sebagai orangtua, Anda harus mengajari anak-anak untuk memperoleh haknya masing-masing walaupun berbagi sesama saudara itu penting. Beritahu mereka secara baik-baik kalau setiap orang memiliki bagiannya tersendiri.

7. Berikan ekstra perhatian

Kurangnya perhatian orangtua merupakan penyebab anak-anak membenci satu sama lain. Luangkanlah waktu untuk mereka berbagi masalah dengan Anda. Rencanakan pergi bersama anak-anak dan biarkan mereka bercerita. Dengan begitu, sang anak akan merasakan kasih sayang dari ibunya tanpa membeda-bedakan si kakak dan adik.

8. Mendatangi psikolog anak

Jika anak-anak sudah bertengkar dengan melibatkan benda-benda tajam dan melakukan kekerasan fisik, maka Anda harus segera melerai pertengkaran tersebut. Ajak mereka bicara baik-baik, tapi bila masih melakukan hal tersebut sebaiknya Anda konsultasikan ke psikolog anak untuk mendapatkan solusi yang terbaik.

Jika anak-anak terlihat akur, maka Anda juga yang akan senang. Kehidupan dalam rumah tangga memang harus menciptakan suasana yang menyenangkan agar aktivitas di luar akan berjalan dengan baik. (NR)

Comment di sini