CiriCara: 6 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Tinggi

by
September 27th, 2012 at 2:23 pm

CiriCara.comKolesterol merupakan metabolit atau hasil metabolisme yang mengandung lemak kolesterol. Ada dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik dan jahat. Kolesterol baik memiliki kemampuan untuk membersihkan pembuluh arteri dari lemak jenuh. Sedangkan kolesterol jahat akan menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit.

Kolesterol jahat ini bisa ditemukan pada makanan olahan, seperti daging, produk-produk susu, keripik kemasan, dan makanan cepat saji. Bila mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan, maka kadar kolesterol akan naik.

Seseorang bila memiliki kadar kolesterol yang tinggi akan sering mengalami beberapa keluhan, seperti sakit kepala, pusing, dan badan terasa pegal-pegal. Hal ini terjadi karena kolesterol menyumbat pembuluh arteri sehingga sel darah merah yang membawa oksigen tidak lancar menuju jantung. Gejala awal tersebut bisa membawa Anda ke penyakit yang lebih serius, seperti jantung koroner dan stroke. Oleh karena itu, untuk membantu menurunkan kolesterol yang tinggi tersebut dan agar Anda tetap sehat, simak tips berikut ini yang dicuplik dari Health Me up:

1. Berhenti merokok

Kandungan yang ada pada rokok dapat mengakibatkan lapisan dalam arteri atau endothelium semakin rusak. Karsinogen dan karbon mono-oksida yang terdapat dalam asap rokok, dalam arteri menjadi lebih rentan terhadap kejang sehingga menyebabkan tingginya kadar koleterol dalam darah. Untuk itu, berhenti merokok sekarang juga.

2. Hindari minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan akan mengakibatkan ukuran pinggang melebar sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol. Untuk pria hanya boleh meminumnya 1-2 gelas perhari, sedangkan wanita hanya satu gelas perhari. Namun, ada baiknya tetap menghindari minuman beralkohol ini demi kesehatan tubuh Anda.

3. Banyak berolahraga

Olahraga merupakan pengobatan terbaik bagi Anda yang memiliki kiadar kolesterol tinggi. Dengan berolahraga selama 40-60 menit secara rutin, akan membantu mengurangi kolesterol jahat sekitar 5-10 persen dan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik hingga 3-6 persen.

4. Turunkan berat badan

Jika Anda obesitas atau kelebihan berat badan, maka mulailah latihan setiap hari dengan melakukan kegiatan ringan, seperti berjalan, latihan beban, bersepeda, aerobik, berenang, dan olahraga lainnya. Melakukan hal tersebut akan meningkatkan kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat.

5. Mengonsumsi ikan

Ikan sangat banyak manfaatnya untuk tubuh, selain untuk mencerdaskan otak ternyata bisa membantu meningkatkan kolesterol baik. Kandungan asam lemak omega-3 yang ada pada ikan bisa menghindari Anda dari penyakit jantung dan stroke.

6. Mengonsumsi bayam

Bayam mengandung sekitar 13 senyawa flavonoid yang menjauhkan Anda dari kanker, penyakit jantung, dan osteoporosis. Bila Anda mengonsumsi bayam secara rutin, maka bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Memiliki kolesterol tinggi akan sangat membahayakan bagi tubuh bila tidak segera diturunkan. Selain 6 cara di atas, pastikan Anda tidak berlebihan mengonsumsi daging berlemak, kuning telur, gorengan, seluruh produk susu, dan makanan yang digoreng lainnya. Dengan begitu kolesterol yang tinggi akan menjadi turun dan Anda pun akan hidup sehat. (NR)

Comment di sini