CiriCara: Cara Aman Menggunakan Mobile Banking

by
September 27th, 2012 at 5:07 pm

CiriCara.com – Layanan mobile banking memang mempermudah transaksi perbankan Anda kapan dan dimana pun Anda berada. Dengan layanan ini, tentunya Anda tidak usah repot-repot untuk datang ke bank atau mesin ATM hanya untuk mengambil uang, mentransfer uang, ataupun memeriksa saldo. Dengan mengklik beberapa kali saja melalu ponsel, Anda sudah bisa langsung menyelesaikan itu semua.

Namun, semakin banyak yang menggunakan layanan ini, semakin banyak pula aksi cybercrime yang mengintai. Phil Blank, direktur keamanan, risiko, dan penipuan di Javelin Strategy and Research, seperti yang dicuplik dari Money.msn.com mengatakan bahwa menggunakan ponsel untuk bertransaksi perbankan di mana saja bisa menjadi sebuah kenyamanan. Untuk itu, tidak ada alasan Anda untuk tidak mengakses rekening bank melalui ponsel asalkan perhatikan tips berikut ini:

1. Menggunakan password

Hal ini perlu Anda lakukan agar tidak sembarang orang bisa mengakses informasi yang ada di dalamnya. Bila tidak memakai password, maka orang lain bisa mengacak-acak apa yang ada dalam mobile banking.

2. Gunakan aplikasi bank Anda untuk mobile banking

Unduh langsung aplikasi tersebut dari toko aplikasi untuk jenis ponsel Anda, entah itu iPhone, Android, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah agar tidak tertipu dengan adanya sms yang menyuruh Anda untuk mengunduh dari situs yang tidak jelas.

3. Perlakukan ponsel seperti komputer pribadi

Perlakukan ponsel seperti komputer pribadi Anda. Misalnya, dengan menginstal perangkat antivirus pada ponsel untuk meminimalisasi risiko.

4. Awasi selalu keberadaan ponsel

Ponsel lebih gampang terselip atau tercecer dari saku baju ata tas. Untuk itu, sering-seringlah memeriksa keberadaannya untuk memastikan tetap berada di tempat yang aman ketika berpergian. Selain itu, awasi juga keberadaan ponsel jika sedang dipinjam oleh kerabat.

5. Jangan menggunakan akses Wi-Fi

Bila Anda melakukan transaksi perbankan Anda, maka jangan menggunakan akses Wi-Fi publik. Sebaiknya, pilih jaringan nirkabel yang memerlukan kata kunci keamanan jaringan.

6. Jangan jadi yang pertama untuk menggunakan aplikasi

Tunggu sampai sekitar 30 sampai 40 hari, kemudian baru Anda bisa mengunduh dan menggunakannya. Alasannya karena kadang-kadang versi awal dari sebuah aplikasi mengandung malware dan tidak aman.

7. Jangan sembarangan memberikan nomor rekening atau password

Pastikan agar Anda tidak sembarangan mengirimkan pesan teks melalui ponsel yang berisi informasi sensitif, seperti nomor rekening tabungan atau password akun Anda.

8. Jangan tertipu oleh email atau pesan teks

Jangan tertipu oleh email atau pesan teks yang meminta informasi pribadi. Alasannya karena terkadang mereka mengaku dari bank Anda dan meminta untuk mengklik link untuk memperbarui informasi rekening.

Dengan mengetahui tips di atas dan Anda aplikasikan, tentunya fasilitas mobile banking yang digunakan akan selalu aman. (NR)

Comment di sini