CiriCara: Cara Baru Cek Keaslian Nomor BPOM Produk

by
September 27th, 2012 at 10:32 am

CiriCara.com – Untuk mengetahui apakah produk yang kita beli aman atau tidak, kita bisa melihat dari nomor BPOM-nya. Sayangnya, nomor tersebut sering dipalsukan oleh oknum tidak bertanggungjawab. Lalu bagaimana cara untuk mengecek keaslian nomor BPOM?

Terkait dengan update situs BPOM, cara mengecek keaslian nomor BPOM yang lama sudah tidak bisa digunakan. Kini ada cara baru yang lebih simpel dan sederhana. Cukup dengan memasukan nomor produk, Anda bisa langsung mengetahui keasliannya.

Berikut cara baru cek keaslian nomor BPOM produk:

- Kunjungi situs BPOM
Anda bisa mengunjungi situs BPOM melalui alamat http://www.pom.go.id di browser. Jika sudah, Anda akan melihat halaman utama di situs BPOM tersebut. Pilih menu “Produk Teregistrasi” yang dilingkari warna merah, lihat gambar:

Jika sudah diklik “Produk Teregistrasi” Anda akan dialihkan ke halaman berikut:

Setelah itu, perhatikan kolom yang dilingkari warna merah. Pastikan tulisan di dalam kolom adalah NOMOR REGISTRASI.

Tulislah nomor registrasi yang tertera di produk atau makanan yang Anda beli. Masukkan nomor tersebut di kotak atau kolom yang dilingkari warna biru. Pastikan nomor yang Anda masukan itu sesuai dengan yang tertera di produk.

Misalnya: BPOM RI MD 249111012228 (masukkan angkanya saja) dan klik cari.

Jika terdaftar, maka situs akan langsung memberikan data produk dari nomor registrasi tersebut. Lihat gambar:

Tapi jika nomor BPOM itu palsu, maka situs akan menunjukkan bahwa data tidak tersedia (not found). Jika ini yang terjadi, itu artinya nomor BPOM pada produk yang Anda beli palsu. Lihat gambar:

Itulah cara untuk mengecek keaslian dari nomor BPOM suatu produk. Semua produk yang sudah terdaftar di BPOM diklaim sudah lolos tes dan aman untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat!

(YG)