Dana Pelantikan Jokowi-Ahok Naik Jadi Rp 1 Miliar

by
September 27th, 2012 at 1:20 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Pelantikan Gubernur DKI Jakarta 2012-2017 nampaknya akan dikemas dengan sangat mewah. Pasalnya, DPRD DKI Jakarta telah menyiapkan dana Rp 1.050.407.000 (Rp 1 miliar lebih) untuk pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta.

Anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk melantik Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Pasangan calon Gubernur DKI Jakarta ini berhasil menang di perhitungan cepat (quick count).

Semula, anggaran untuk pelantikan gubernur hanya Rp 822 juta, itupun dinilai masih terlalu mahal oleh Jokowi. Namun kenyataannya, kini DPRD Jakarta justru menaikkan anggaran pelantikan sehingga jadi Rp 1 miliar lebih.

“Pada APBD 2012, kami rancang anggaran dengan penambahan anggaran Rp 227 juta, jadi total Rp 1,050 miliar,” ujar Sekretaris Dewan DPRD DKI Jakarta, Mangara Pardede, seperti dikutip Tribunnews, Kamis (27/9/2012).

Menurut Mangara, anggaran itu naik karena adanya pos anggaran pengamanan pelantikan. Pasalnya, pada anggaran awal data pos pengamanan belum dimasukkan dalam daftar. Itulah sebabnya anggaran jadi naik.

Mangara juga menuturkan bahwa acara pelantikan ini akan digelar dengan menampilkan beberapa hiburan seperti saat perayaan HUT DKI Jakarta ke-485 lalu. Di mana dalam acara itu ada sejumlah artis seperti Afgan dan Rosa serta orchestra Purwacaraka Big Band.

Hal itu sudah diusulkan oleh sejumlah pihak termasuk anggota Komisi A (bidang pemerintahan) DPRD. Itulah sebabnya anggaran pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta naik jadi Rp 1,050 miliar.

Meskipun demikian, Mangara menjelaskan dana tersebut hanya merupakan batas maksimal dari anggaran. “Misalkan Dewan minta melakukan melebihi anggara itu, maka tidak bisa. Tetapi, alokasi anggaran itu bisa dikurangi dan sisanya dikembalikan ke kas daerah,” jelasnya.

(YG)

Comment di sini