Perdamaian Dunia: Senjata AK 47 Diubah Jadi Pajangan Bernilai Seni [Foto]

by
September 27th, 2012 at 1:21 pm

London (CiriCara.com)Konflik peperangan semakin sering terjadi, baik itu antar saudara, antar negara maupun suku bangsa. Di zaman yang semakin keras ini, orang-orang menjadi semakin egois dan cenderung mengutamakan amarah untuk menyelesaikan masalah. Sehingga, perdamaian pun semakin tidak terasa di dunia ini.

Berita televisi maupun media massa setiap hari pasti mengabarkan tentang kekejaman, peperangan, tawuran, dan berbagai konflik berdarah yang menjatuhkan banyak korban.

Uniknya, pada Hari Perdamaian Sedunia yang jatuh pada tanggal 21 September, beberapa seniman sekelas Damien Hirst, Jeremy Deller dan Antony Gormley bekerjasama membuat suatu pameran seni yang mengubah senapan AK 47 menjadi pajangan unik bernilai seni.

Pameran perdamaian yang berlokasi di ICA (Institute of Contemporary Arts), London, Inggris ini, mendapat sambutan positif dari para seniman lainnya, seperti Douglas Gordon, Sue Wenster, dll. Banyak pihak yang mengatakan bahwa ide untuk mengubah senapan menjadi senapan perdamaian bernilai seni adalah ide yang sangat cemerlang.

Kabarnya, pameran ini akan diadakan hingga tanggal 30 September mendatang. Kemudian, senapan-senapan yang dipajang tersebut akan dilelangkan pada 4 Oktober 2012 oleh perusahaan Phillips de Pury.

Inilah beberapa gambar unik senjata AK 47 yang diubah pada pameran perdamaian.

AP

Karya seni oleh seniman Inggris, Antony Gromley ini diberi judul “Silence”. Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa senapan AK 47 ditelan oleh manusia, yang menyiratkan pesan bahwa senapan tidak dapat digunakan lagi.

AP

Seniman Sue Wenster dan Tim Noble membuat simpul pada ujung senapan AK 47 ini. Tujuannya agar orang tidak dapat lagi menembak dengan senapan.

AP

Ini adalah hasil karya seniman Langlands dan Bell, yang menyampaikan pesan bahwa penggunaan dan kepemilikan senapan tidak diperbolehkan lagi.

AP/Daily Mail

Karya Douglas Gordon ini mengubah senapan menjadi alas untuk jamuan minum teh.

PA/Daily Mail

Laila Shawa mengubah senapan yang selalu berkaitan erat dengan kematian, menjadi senapan indah penuh warna karena ditutupi dengan kupu-kupu buatan.

Itulah beberapa pajangan hasil kreativitas para seniman, mengubah senapan AK 47 yang menakutkan menjadi benda pajangan yang indah.

Hal ini menunjukkan bahwa masih ada segelintir manusia yang sadar akan perdamaian dunia yang sudah terkikis akhir-akhir ini.

Semoga pesan yang disampaikan melalui pameran perdamaian tersebut dapat diterima baik oleh pihak-pihak yang sedang bersitegang sekarang ini. (yk)

Daily Mail

Comment di sini