CiriCara: 5 Cara Sukses Melamar Kerja di Job Fair

by
September 28th, 2012 at 5:05 pm

CiriCara.com – Adanya pameran lowongan pekerjaan atau job fair akan sangat memberikan keuntungan bagi Anda yang belum mendapatkan pekerjaan. Dalam pameran tersebut, banyak perusahaan-perusahaan yang mencari karyawan baru untuk dipekerjakan di perusahaannya. Perusahaan yang ada pada saat job fair mulai dari perusahaan yang sudah dikenal namanya oleh masyarakat sampai perusahaan yang baru.

Selain itu dengan adanya job fair, Anda akan diberikan kesempatan untuk bertatap muka dengan perekrut. Untuk itu, Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin agar tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Bila segala sesuatunya dipersiapkan dengan baik dan percaya diri, maka Anda bisa mendapatkan posisi di perusahaan yang diinginkan. Untuk mengetahui persiapan apa saja yang harus Anda lakukan agar sukses melamar kerja di job fair, sebaiknya simak tips berikut ini:

1. Melakukan penelitian perusahaan

Pastikan Anda sudah mengetahui perusahaan apa saja yang ada dalam job fair tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mencari latar belakang atau identitas perusahaan tersebut. Berbekal pengetahuan akan memudahkan Anda berkomunikasi dengan jelas yang berkaitan dengan kebutuhan perusahaan.

2. Praktik memperkenalkan diri

Sering-seringlah praktik di hadapan cermin agar pada saat melakukan interview Anda tidak merasa canggung. Selain itu, bisa Anda praktikan langsung dengan orangtua, adik, atau teman dengan tersenyum, berjabat tangan, dan berkata, “Halo nama saya John dan tertarik lebih lanjut dengan posisi yang ditawarkan.”

3. Perbaharui surat lamaran dan CV

Agar dokumen lamaran bebas dari kesalahan, Anda oerlu memperbaharui atau mengecek kembali surat lamaran dan CV. Persiapkan itu semua dan tulis posisi yang Anda inginkan dalam bekerja.

4. Memperkirakan pertanyaan yang akan diajukan

Sebelum bertatap muka dengan perekrut, sebaiknya Anda perlu memperkirakan pertanyaan apa saja yang akan ditanyakan olehnya. Tujuannya adalah agar Anda bisa menjawabnya dengan lancar saat bertemu langsung dengannya.

5. Siapkan prmosi tentang diri sendiri

Perekrut biasanya akan menanyakan apa kelemahan dan kelebihan Anda. Untuk itu, Anda harus persiapkan jawaban ini dengan matang agar bisa mengatakannya dengan penuh percaya diri. Selain itu, persiapkan juga promosi mengenai diri agar si pewancara tertarik dengan Anda dan mungkin bisa lolos dalam seleksi ini.

Dengan mengetahui 5 tips di atas, bisa jadi Anda lolos dalam seleksi ini dan mendapatkan pekerjaan yang cocok. (NR)

Comment di sini