CiriCara: Cara Hemat Saat Melakukan Perjalanan Wisata

by
September 28th, 2012 at 4:22 pm

CiriCara.com – Liburan merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Pergi ke daerah dataran tinggi, pantai, atau tempat-tempat lainnya akan terasa menyenangkan bila dilakukan bersama teman-teman terdekat. Namun, untuk membuat hati senang dengan melakukan hal tersebut dibutuhkan uang yang tidak sedikit. Tak jarang orang yang mengeluh uangnya habis setelah liburan.

Agar terhindar dari pemborosan selama liburan, Anda harus pintar-pintar merencanakan liburan tersebut beserta jumlah uang yang dikeluarkan. Mau tahu apa saja yang harus dipersiapkan agar perjalanan wisata hemat? simak 5 cara berikut ini yang dicuplik dari Mediaindonesia.com:

1. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik

Bila Anda ingin melakukan liburan dengan memakai mobil pribadi, maka pastikan mobil tersebut dalam keadaan baik. Perhatikan kondisi mesin dan keadaan oli. Jika oli terlihat terlalu pekat, maka mesin kendaraan akan bekerja lebih keras dan artinya membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Selain itu, pastikan juga ban mobil tidak kempes. Ban yang kempes membuat boros penggunaan bahan bakar sehingga Anda terpaksa mengeluarkan lebih banyak uang.

2. Estimasi bahan bakar

Anda harus memperkirahan berapa banyak bahan bakar yang dihabiskan hingga kembali ke rumah. Tujuannya adalah agar Anda bisa memperkirakan juga berapa jumlah uang yang harus disiapkan untuk anggaran bahan bakar. Selain itu, agar masing-masing orang juga mengetahui berapa besar uang yang dikeluarkan selama perjalanan.

3. Membawa persediaan makanan

Membawa makanan saat melakukan perjalanan sangat penting. Tujuannya adalah agar tidak berhenti di warung makan. Makanan yang perlu Anda bawa, seperti makanan ringan, buah-buahan, roti, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa membawa nasi beserta lauk-pauknya untuk bisa menggelar piknik kecil-kecilan selama dalam perjalanan.

4. Simpan berbagai bon

Tunjuk satu orang sebagai bendahara yang bertugas untuk membayar dan mencatat setiap tagihan. Setelah perjalanan usai, Anda bisa membagi sama rata pengeluaran tersebut. Cara lain yang dapat Anda gunakan yaitu kumpulkan dana dari orang-orang tersebut atau patungan sebelum melakukan perjalanan dan serahkan pada satu orang yang mengurusi hal tersebut. Dengan begitu, selama perjalanan Anda tidak dipusingkan lagi dengan uang yang harus dikeluarkan.

5. Pesan penginapan jauh-jauh hari

Jika Anda dan teman-teman sudah mengetahui tempat mana yang akan dituju, maka pesanlah penginapan dari jauh-jauh hari. Biasanya dengan memesan jauh-jauh hari Anda bisa mendapatkan penginapan dengan fasilitas yang lengkap dan harga yang murah. Selain itu, cara ini juga agar tidak merepotkan Anda lagi untuk mencari penginapan pada saat sampai di tempat tujuan.

Dengan menyusun dan memperkirakan rencana perjalanan liburan Anda, tentunya liburan akan terasa menyenangkan. Selain itu, uang yang ada hanya dipakai untuk biaya makan dan berbelanja saja. (NR)

Comment di sini