CiriCara: Cara Mengatasi Sakit Kepala Berdasarkan Jenisnya

by
September 28th, 2012 at 10:53 am

CiriCara.com – Beberapa orang mungkin pernah merasakan sakit kepala. Sakit kepala merupakan masalah kesehatan yang pada umumnya disebabkan karena terlalu lama menonton televisi, cuaca panas, lelah bekerja, kurang makan, kurang tidur, asap rokok, pengaruh obat-obatan, mengonsumsi makanan yang salah, dan aktivitas berlebihan. Namun, hal tersebut harus segera diatasi dengan cara yang tepat.

Sebelum mengobati sakit kepala, ada baiknya untuk mengenali jenisnya. Setelah itu baru Anda bisa atasi dengan cara yang tepat. Berikut cara mengatasi sakit kepala berdasarkan jenisnya seperti yang dilansir dari Health:

1. Sakit kepala tegang (Tension)

Sakit kepala ini disebabkan karena posisi tubuh yang kurang nyaman, stres dan juga kelelahan. Otot di bagian kepala, bahu, dan belakang leher akan terasa tegang. Cara mengatasi sakit kepala ini yaitu dengan meminum obat penghilang nyeri yang beredar di pasaran, namun mengonsumsinya harus dengan dosis yang dianjurkan. Misalnya, aspirin, ibuprofen, dan naproxen. Cara lain yang dapat Anda lakukan yaitu dengan melakukan meditasi, gerakan yoga ringan, dan beristirahat yang cukup.

2. Sakit kepala migrain

Gejala awal bila Anda mengalami migrain yaitu kepala terasa berdenyut, menjadi terganggu terhadap cahaya, suara, dan bau hingga sampai mual dan muntah. Migrain merupakan kondisi neurologis yang disebabkan oleh gangguan pembuluh darah karena adanya perbuahan serotonin. Selain itu, stres, perubahan hormon, dan mengonsumsi daging bisa juga menyebabkan pembuluh darah membengkak dan bisa sakit kepala. Cara mengatasinya adalah dengan meminum obat aspirin, acetaminophen, atau meminta resep dokter bila migrain semakin parah.

3. Sakit kepala sinus

Sakit kepala sinus  paling sering dirasakan sebagai nyeri yang mendalam di tulang pipi, dahi, atau hidung. Gejala sakit kepala ini yaitu nyeri di sekitar hidung dan mata, hidung berair disertai dengan demam. Sakit kepala sinus disertai juga dengan sinusitis atau peradangan pada selaput lendir, di mana kondisi lapisan membran selaput lendir menjadi bengkak dan meradang. Cara pengobatannya adalah meminum obat penghilang rasa sakit dan obat-obatan sinus.

4. Sakit kepala cluster

Penyebaab sakit kepala cluster pada umumnya karena mengonsumsi alkohol atau terlalu banyak merokok. Sakit yang dirasakan di sekitar mata, tapi dapat merambat pada area lain di wajah, kepala, leher, dan bahu. Anda akan mengeluarkan air mata secara berlebihan, lendir atau basah pada lubang hidung, ukuran pupil yang mengecil, dan kelopak mata nampak layu. Cara mengatasinya yaitu memberikan suntikan smatriptan, naratriptan, frovatriptan dan lainnya yang berfungsi untuk mengurangi nyeri.

Berbagai sakit kepala tersebut bisa saja dicegah asalkan Anda mau hidup sehat. Agar sakit kepala tidak selalu dialami Anda, sebaiknya mengurangi stres, berhenti merokok, batasi alkohol, biasakan tidur teratur, duduk tegak lurus, berolahraga, dan makanlah secara teratur. Dengan begitu aktivitas yang dijalani dalam sehari-hari akan sangat menyenangkan. (NR)

Comment di sini