Kecelakaan Pesawat di Nepal Tewaskan 19 Orang [Foto]

by
September 28th, 2012 at 5:08 pm

Daily Mail

Kathmandu (CiriCara.com) – Kecelakaan pesawat terjadi lagi di Nepal. Kali ini, pesawat bermesin ganda milik maskapai penerbangan lokal, Sita Air, tiba-tiba jatuh dan terbakar di dekat sungai Manohara, Nepal.

Dari kecelakaan nahas ini, dilaporkan 19 orang meninggal, dan 7 diantaranya adalah warga negara Inggris yang hendak menjelajah ke gunung Everest, gunung tertinggi di dunia yang terletak di antara perbatasan Nepal dan Tibet.

Hanya berselang beberapa menit setelah tinggal landas dari bandara Kathmandu, sang pilot melaporkan bahwa ada masalah pada mesin pesawat. Sepertinya, sang pilot memutuskan untuk berbalik arah kembali menuju ke bandara, namun tidak berhasil.

Meski sudah mencoba untuk melakukan pendaratan darurat, pesawat itu malah terbentur tanah dan api pun mulai membakar tubuh pesawat, hingga akhirnya tidak bersisa.

Menurut keterangan seorang saksi, Tulasa Pokharel (26), yang rumahnya hanya berjarak beberapa meter dari lokasi jatuhnya pesawat, menyatakan bahwa pada saat api mulai membakar pesawat itu, dia mendengar jelas suara ratapan dan teriakan minta tolong dari para penumpang.

Sayangnya, penduduk di sekitar tidak berani untuk memberikan pertolongan karena mesin pesawat seperti akan meledak saat itu.

Keterangan dari saksi mata lainnya, yakni Harimaya Tamang, menyampaikan bahwa pesawat sudah terbakar sebelum akhirnya menyentuh tanah. Kemudian, pesawat membentur tanah dengan keras hingga terpantul sekali dan api semakin membesar. Warga yang hendak menolong pun tidak berani terlalu dekat karena api terlalu panas.

Selain itu, Daily Mail melaporkan bahwa korban tewas tertua adalah warga negara Inggris yang ditaksir kira-kira umurnya 58 tahun. Sedangkan korban tewas termuda berusia 27 tahun.

Ini adalah kecelakaan terparah yang kesekian kalinya terjadi di Nepal. Sebelumnya, kecelakaan pesawat di Nepal, yang menewaskan 15 orang terjadi pada bulan Mei 2012 ini.

Berikut adalah beberapa foto kecelakaan pesawat yang terjadi 6.30 pagi tadi, waktu setempat.

Daily Mail

AFP/Daily Mail

Daily Mail

Api yang membakar badan pesawat ini sangat besar, sehingga warga sekitar pun tidak ada yang berani mendekat. Api baru dipadamkan ketika tim pemadam kebakaran datang ke lokasi.

EPA/Daily Mail

Daily Mail

Daily Mail

Hanya bagian ekor pesawat yang masih terlihat agak utuh. Semuanya hangus terbakar tidak bersisa.

Daily Mail

Polisi Nepal pun langsung mengamankan kotak hitam/blackbox untuk dilakukan penyelidikan terhadap penyebab terjadinya kecelakaan pesawat parah ini.

(yk)

Daily Mail

Comment di sini