Berita Hujan Bintang 1 Oktober Ternyata Hoax

by
October 1st, 2012 at 1:25 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Baru-baru ini berita munculnya fenomena hujan bintang yang akan terjadi pada Senin, 1 Oktober 2012 ini di seluruh Indonesia marak beredar di dunia maya. Banyak sekali publik yang percaya dan berharap bisa melihatnya. Tapi bagaimana dengan tanggapan LAPAN?

Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengungkapkan bahwa kabar fenomena hujan bintang itu adalah berita hoax alias bohong. Pihak LAPAN menduga berita hoax itu adalah bagian dari ajang promosi film.

“Kemungkinan untuk keperluan publikasi film atau sejenisnya. Seperti film 2012 yang tayang tiga tahun lalu juga ada selentingan mengenai aktivitas tidak normal matahari, ya semacam itulah,” ujar Emanuel Sugging Mumpuni, peneliti Astronomi dan Astrofisika LAPAN, seperti dikutip Media Indonesia.

Sugging menegaskan bahwa saat ini belum ada tanda-tanda aktivitas astronomi yang signifikan. “Yang jelas bukan fenomena astronomi karena juga tidak ada peristiwa signifikan terjadi saat ini,” tuturnya, Minggu (30/9/2012) kemarin.

Hal serupa juga dikatakan oleh Kepala Pusat Science Antariksa LAPAN, Clara Yono Yatini. Menurut Clara, fenomena hujan bintang dan hujan meteor itu dua hal yang berbeda. Itulah sebabnya dia meragukan kabar ‘hujan bintang’ yang akan terjadi pada Senin (1/10/2012) ini.

“Kalau yang dimaksud hujan bintang, ya tidak mungkin terjadi sekarang-sekarang ini. Tapi kalau hujan meteor mungkin saja terjadi setiap saat,” tegas Clara yang mengaku bingung dengan kabar ‘hujan bintang’ yang beredar.

Sementara itu, Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan LAPAN, Thomas Djamaluddin juga menegaskan bahwa fenomena tersebut hanya bagian dari promosi. “Itu kan hanya advetorial,” tegasnya.

(YG)

Comment di sini