CiriCara: Cara Hemat dengan Gaya Hidup Alami

by
October 1st, 2012 at 5:04 pm

CiriCara.com – Agar hidup bisa berhemat, sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah bijak terhadap alam. Kurangnya sadar akan cinta terhadap lingkungan mengakibatkan pemanasan global. Bila pemanasan global tidak segera diatasi, maka akan terjadi permasalahan pada bumi, seperti pengaruhnya hasil pertanian, punahnya berbagai jenis hewan, hilangnya gletser, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi hal tersebut, bisa dimulai dari diri Anda yaitu dengan cara berhemat dengan gaya hidup alami. Gaya hidup alami apa yang bisa Anda lakukan? Untuk itu, simaklah tips berikut ini:

1. Sesuaikan suhu pendingin ruangan

Pada saat rumah dalam keadaan kosong, sebaiknya matikan AC. Begitu pula ketika cuaca terik, Anda tidak harus berada dalam ruangan ber-AC terus-menerus. Anda bisa merasakan sejuk dengan pergi ke teras atau taman rumah.

2. Bersihkan bagian belakang kulkas dari debu

Kumparan di bagian belakang kulkas berfungsi untuk menjaga suhu tetap dingin. Bila terdapat banyak debu di tempat tersebut, maka akan bekerja lebih keras dan semakin menyedot tegangan listrik rumah Anda.

3. Memilih naik angkutan umum

Memilih untuk naik kendaraan umum saat berpergian, baik ke kantor atau bertemu dengan teman merupakan salah satu langkah bijak dan juga akan menghemat Anda.

4. Memilih baterai isi ulang

Memakai baterai untuk kamera saku seringkali membuat kantong boros. Selain lebih bijak terhadap bumi, memilih baterai isi ulang juga merupakan salah satu cara hemat saat berlibur.

5. Tidak memakai tisu

Cara terbaik untuk mengeringkan tangan setelah cuci tangan adalah dengan menggunakan handuk kain. Cara ini akan membuat hidup tidak boros dan bijak terhadap penebangan pohon sebagai bahan baku pembuatan tisu tersebut. Walaupun terpaksa menggunakan tisu, Anda harus pakai sedikit mungkin.

6. Bawalah barang secukupnya saat berpergian

Ketika Anda berpergian menggunakan kendaraan pribadi, bawalah barang secukupnya. Karena muatan yang pas atau sesuai akan membuat penggunaan bahan bakar lebih efisien.

7. Membawa kantong belanjaan sendiri

Pada saat berbelanja ke pasar modern atau pasar tradisional, Anda seharusnya membawa kantong belanjaan sendiri yang terbuat dari kain. Menerapkan cara ini berarti Anda ikut berperan serta dalam p[elestarian bumi.

8. Tidak membeli pemutih pakaian

Untuk membersihkan pakaian, alangkah baiknya untuk menggunakan bahan yang sudah tersedia di rumah Anda saja, seperti air hangat, cuka, dan baking soda.

9. Memakai produk bahan pangan lokal

Memilih bahan makanan impor tidak menjanjikan Anda mendapatkan nutrisi yang lebih baik. Produk bahan pangan lokal memiliki harga lebih murah dan terbukti lebih segar serta menyehatkan.

10. Memakai masker berbahan alami

Untuk merawat kecantikan wajah, Anda bisa memilih untuk memakai masker atau pembersih wajah dari bahan alami dibandingkan pergi ke salon kecantikan yang akan mengeluarkan biaya lebih besar. Pakailah buah stroberi, mentimun, jeruk nipis, dan lain sebagainya yang terbukti ampuh untuk menjaga keindahan kulit wajah.

11. Lupakan sedikit air kemasan

Selain untuk berhemat, membawa botol minum beserta airnya terbukti lebih menyehatkan. Untuk itu, bawalah botol minum dari rumah rumah ketika Anda berpergian.

12. Gunakan lampu sesuai kebutuhan

Pada saat di rumah atau di kantor, Anda tidak harus menyalakan semua lampu di sudut ruangan jika memang vtidak dibutuhkan. Hal kecil ini bila dilakukan merupakan langkah bijak untuk berhemat dan mencintai bumi Anda.

13. Bercocok tanam di pekarangan rumah

Tanamlah bibi sayur dan buah di pekarangan rumah Anda. Selain menambah sejuknya udara, nantinya Anda juga bisa mengonsumsi kesegaran buah dan sayur. Selain bibit buah dan sayur, Anda juga bisa meletakkan tanaman hias di pekarangan rumah.

14. Mengkreasikan barang yang sudah tak terpakai

Mengkreasikan barang yang sudah tak terpakai, seperti jeans yang dibuat menjadi tas atau kerajinan tangan lainnya merupakan cara cerdas untuk menekan biaya pembelian tas unik dan barang mahal lainnya.

Cara hemat dengan gaya hidup alami tentunya akan sangat bermanfaat bagi Anda dan bumi. Mulailah saat ini untuk bisa mencintai bumi. (NR)

Comment di sini