CiriCara: Cara Mengatasi Bayi yang Rewel

CiriCara.com – Memiliki seorang bayi tentunya akan menyenangkan bagi Anda karena diberikan anugerah terindah dalam kehidupan rumah tangga. Namun, terkadang kehadirannya membuat Anda dan suami terganggu karena tangisannya yang tak henti-henti tanpa diketahui penyebabnya. Sudah Anda periksa popoknya ternyata tidak basah, disusui tidak mau, dan digendong pun tetap menangis.

Mendengar tangisan si kecil tentunya membuat Anda dan suami ingin segera menenangkannya kembali. Sebelum menenangkan si kecil, Anda harus tenang terlebih dahulu karena tenang atau tidaknya ia dipengaruhi oleh Anda. Selain itu, ada 6 cara agar bayi bisa berhenti menangis dan kembali tenang. Untuk itu, Anda perlu menyimak tips berikut ini:

1. Membedong longgar

Selama berada dalam rahim, bayi mendapatkan kehangatan yang luar biasa dan ia menyukainya. Untuk mempertahankan kondisi itu, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah membedongnya dengan longgar. Membedong dengan kain yang hangat dan bersih akan membuat bayi merasa nyaman dan aman.

2. Menggendong sambil mengayun-ayun

Saat si kecil mulai merengek atau menangis, gendonglah dengan lembut dan bawalah ia berkeliling ruangan. Selain menangkal kerewelan, goyangan lembut tersebut juga bisa membantu si kecil tertidur pulas. Gendonglah bayi dalam dekapan yang nyaman, lembut, tenang, dan kuat. Usahakan perut bayi bertumpu pada tubuh Anda dan topanglah kepalanya. Selain itu, lakukan gerakan mengayun dengan ritme teratur dan lembut sambil merasakan betapa sayangnya Anda pada si kecil.

3. Dengarkan musik bernada lembut

Saat menidurkan si kecil, jangan memasang lagu bertempo cepat dan enerjik karena hanya menyebabkan sang buah hati sulit untuk tertidur pulas. Sebaiknya, Anda dengarkan ia musik bernada lembut saja. Musik bernada lembut merupakan pengantar tidur yang sempurna bagi si kecil.

4. Matikan lampu

Saat si kecil mulai rewel, matikan lampu kamar tidurnya. Cahaya lampu merangsang si kecil menjadi sulit terlelap, sedangkan ruangan yang gelap bisa menenangkan dan membuat si kecil lebih mudah terlelap.

5. Pelukan ayah

Pelukan hangat dari tangan ayah yang besar juga bisa membuat bayi merasa aman. Coba sesekali biarkan suami Anda yang menenagkan si kecil bila ia rewel.

6. Memberi tepukan, belaian, dan senandung

Pada umumnya, bayi sangat suka ditepuk-tepuk, diusap, dan dibelai dengan lembut dan teratur. Sentuhan berirama tersebut jika diberikan padanya, akan membuatnya merasa rileks dan berhenti menangis.

Jika Anda ingin membuat bayi lebih tenang sepanjang hari, maka berikan sedikit minyak atau lotion bayi dan usapkan ke punggung bayi secara lembut, lalu ke paha, tangan, kaki, dan dada. Bila bayi tenang, maka ia menyukainya. Cara di atas bisa Anda lakukan bila si bayi rewel sepanjang hari. Namun, segeralah Anda bawa ke dokter bila si kecil menangis terus-menerus. (NR)


comments powered by Disqus