CiriCara: Cara Tepat Membasmi Kutu Rambut

by
October 1st, 2012 at 2:15 pm

CiriCara.com – Anda patut waspada bila sering merasa gatal pada rambut, terutama di bagian dekat tengkuk atau belakang telinga. Mungkin saja, rasa gatal ini muncul karena adanya kutu di rambut Anda. Kutu merupakan parasit yang dapat ditemukan di kepala dan badan. Kutu bergerak dengan cara merambat atau berjalan, bukan terbang atau lompat.

Perlu diketahui bahwa semua orang berpotensi terkena masalah kutu rambut. Bila Anda selalu rajin membersihkan rambut, maka bisa saja terkena masalah kutu karena tertular dengan orang lain. Penularan ini, seperti meminjam sisir, tidur berdekatan, atau penularan dari alat-alat salon. Untuk mengatasi permasalahan rambut seperti ini, ada baiknya simak 6 cara berikut ini:

1. Minta bantuan orang lain

Salah satu cara ini termasuk kuno, namun cukup mengatasi kutu rambut yang menempel di kepala. Untuk itu, mintalah seseorang, ibu, kakak, atau adik untuk memilah rambut dan mengambil telur kutu atau kutu yang terlihat. Biasanya kutu sering berada di rambut dekat tengkuk atau belakang telinga.

2. Pakai sisir bergigi rapat

Sisir bergigi rapat atau biasa disebut serit adalah sisir khusus yang bisa mengangkat kutu dari rambut. Sebelum menyisir memakai sisir ini, pilah rambut dahulu, lalu sisir dari akar rambut dekat kulit kepala. Setelah itu sisir tanpa putus hingga ujung rambut. Kutu tersebut akan ikut tersisir dan jatuh. Namun, cara ini tidak bisa mengangkat telur kutu yang lengket. Agar terlepas dari masalah rambut ini, Anda harus rajin menyisirnya.

3. Potong rambut

Kutu rambut yang sudah terlanjur parah akan semakin sulit diatasi jika rambut Anda panjang. Oleh karena itu, lebih baik Anda memotong pendek rambut atau setidakya sebahu. Rambut pendek akan memudahkan Anda juga untuk menyisirnya menggunakan serit.

4. Memakai sampo khusus

Anda bisa memakai sampo khusus untuk membasmi kutu yang ada di kulit kepala. Sampo ini bisa Anda temukan di toko obat atau apotek. Sampo ini akan ampuh untuk membasmi kutu dewasa, sedangkan telur kutu masih bertahan hidup. Untuk itu, rajin-rajinlah memakai sampo ini agar kutu bisa teratasi dan rambut Anda kembali sehat.

5. Campuran minyak kayu putih dan jeruk nipis

Cara ini merupakan cara alami untuk mebasmi kutu rumbut. Caranya adalah mencampurkan minyak kayu putih dan air jeruk nipis dengan perbandingan yang sama. Pijat kulit kepala seperti Anda sedang keramas, lalu biarkan sesaat. Kemudian, tutup kepala dengan handuk atau topi mandi dan diamkan selama satu jam. Setelah itu keramas seperti biasa dan sisir dengan menggunakan serit.

6. Cuka putih

Menggunakan cuka putih untuk membasmi telur kutu dan kutu menrupakan cara alami. Caranya adalah basahi kepala dengan cuka, diamkan selama 30 menit, lalu sisir dengan serit. Dengan begitu, telur kutu yang lengket di kepala akan mudah terangkat. Rutinlah melakukan cara ini agar telur kutu hilang dari rambut.

Jika melakukan salah satu cara di atas, maka telur kutu dan kutu akan hilang dan kulit kepala Anda kembali sehat. Bagaimana, maukah Anda mencobanya agar dijauhkan dari masalah kulit kepala ini? Bagaimanapun juga, kutu yang semakin banyak akan menyebabkan kulit kepala Anda menjadi tidak sehat. (NR)