CiriCara: 4 Cara Cegah Menopause Lebih Awal

by
October 2nd, 2012 at 10:37 am

CiriCara.com – Menopause merupakan berhentinya secara fisiologis siklus menstruasi yang berkaitan dengan tingkat lanjut usia perempuan. Seorang perempuan yang mengalami menopause alamiah sama sekali tidak dapat mengetahui apakah saat menstruasi tertentu merupakan menstruasi yang terakhir. Kondisi seperti ini bisa mempengaruhi kesejahteraan hidup perempuan.

Pemicu utama menopause adalah usia. Kondisi ini merupakan sisi lain dari pubertas, akhir dari usia subur yang disebabkan oleh melambatnya fungsi ovarium.  Selain itu, menopause juga bisa disebabkan karena operasi tertentu dan pengobatan medis.

Bagi sebagian perempuan masa menopause menjadi sangat menakutkan. Data yang didapat dari National Institute on Aging, seperti yang dicuplik situs Webmd.com mengungkapkan bahwa rata-rata perempuan mengalami menopause secara alami di usia 51 tahun. Namun, menopause bisa mulai lebih awal jika pola hidup Anda saat ini tidak sehat.

Masa menopause bisa ditunda asalkan Anda mengonsumsi beberapa jenis makanan sehat serta mau mengubah kebiasaan hidup agar menjadi sehat. Cara apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menunda menopause? Untuk itu, simaklah tips berikut ini yang dicuplik dari Boldsky:

1. Jangan merokok

Merokok dapat membuat peredaran darah menjadi terhambat. Akibatnya, pasokan darah ke organ reproduksi pun terganggu. Hal ini mengakibatkan menstruasi dan masa menopause lebih cepat menghampiri Anda.

2. Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Agar masa menopause tidak datang lebih awal, ada baiknya untuk membiasakan memakan makanan yang sehat. Makanan yang sehat itu merupakan makanan dengan kadar antioksidan tinggi, seperti buah-buahan, brokoli, paprika, zaitun, dan lain sebagainya. Konsumsilah makanan tersebut sesering mungkin agar proses penuaan dini terhambat.

3. Berolahraga

Bila Anda berolahraga secara teratur, maka siklus masa ovulasi akan datang secara berkala sesuai jadwal alaminya. Hal ini juga akan membuat organ reproduksi Anda sehat dan menopause dini tidak akan terjadi. Untuk itu, rajin-rajinlah berolahraga mulai saat ini walaupun hanya sekedar lari pagi atau berenang.

4. Hormon fitoestrogen

Hormon ini mampu membuat produksi hormon esterogen dalam tubuh perempuan meningkat. Fitoestrogen dapat Anda temukan pada makanan, seperti kacang kedelai, gandum, dan gandum hitam. Dengan begitu masa menopause akan tertunda.

Perlu diketahui juga bahwa jika menopause mendekat, maka periode menstruasi Anda akan berubah. Namun, perubahan tersebut bisa bervariasi pada setiap perempuan. Ada yang semakin pendek atau lama, semakin banyak atau berkurang, dengan waktu yang lebih lama atau lebih singkat di antara periode. (NR)

Comment di sini