CiriCara: Cara Mengajari Anak Agar Mau Berbagi

by
October 2nd, 2012 at 3:02 pm

CiriCara.com – Ketika anak sudah menginjak pada usia 2 – 5 tahun, mereka sudah harus diajarkan berbicara yang baik, makan dan minum sendiri, belajar, bahkan saling berbagi dengan temannya. Menumbuhkan rasa berbagi pada anak hendaknya dilakukan sejak awal atau sedini mungkin.

Anak pada usia balita rata-rata masih senang bermain dan mencoba hal-hal baru. Untuk itu, para orangtua harus mengajari anak dengan baik, termasuk dalam hal berbagi. Agar si anak memiliki rasa berbagi yang tinggi, sebaiknya Anda simak tips berikut ini:

1. Ajarkan untuk berbagi dengan Anda

Cara ini lebih mudah dilakukan karena dia tahu bahwa Anda tidak akan merebut miliknya atau membuatnya marah. Katakan selalu kepadanya bahwa Anda akan mengembalikan barang atau mainan yang dia pinjamkan.

2. Kunjungi taman bermain

Taman bermain merupakan tempat terbaik untuk anak belajar berbagi. Semua permainan yang tersedia di taman bermain bisa dimainkan oleh siapa saja. Dengan begitu, si anak akan belajar bahwa setiap orang berhak untuk mendapatkan giliran bermain ayunan dan mainan lainnya.

3. Jangan memaksa anak

Anda sebagai orangtua jangan pernah memaksa anak untuk berbagi semua yang dia miliki. Sebelum bermain dengan temannya, biarkan anak memilih mainan mana atau benda apa yang boleh dimainkan bersama. Dengan begitu, si anak akan sadar bahwa berbagi tidak berlaku untuk segala hal.

4. Membujuknya

Anda juga harus bisa membujuk anak dengan baik. Misalnya, si anak melihat temannya bermain mobil-mobilan, lalu dia merengek-rengek untuk minta dibelikan seperti itu. Anda harus pintar membujuknya yaitu dengan cara memberitahunya bahwa mainan yang dimilikinya bisa saling bertukar dengan yang lain asalkan bermain bersama. 

5. Ajak anak melakukan aktivitas lain

Ketika anak Anda sedang menunggu giliran untuk bermain sesuatu, ajaklah dia untuk melakukan aktivitas lain. Misalnya, bermain boneka yang berbeda, mobil-mobilan yang berbeda, mewarnai gambar, atau memberi makan hewan.

6. Ajarkan cara untuk berunding

Ketika terjadi keributan kecil di antara anak-anak, jangan pernah meneriaki mereka atau melempar barang yang diperebutkan. Alangkah baiknya mengajak anak untuk duduk bersama dan bicara baik-baik bahwa mereka harus bergiliran.

7. Puji si anak

Agar si anak memiliki rasa berbagi yang tinggi, jangan sungkan untuk memujinya. Puji si anak jika dia pernah meminjamkan mainanya kepada temannya. Misalnya, kakak hebat ya, tadi mama lihat kakak meminjamkan mainan untuk adik. Dengan begitu, si anak akan paham bahwa apa yang dilakukannya merupakan perbuatan baik.

Mengajarkan hal yang baik-baik dari kepada anak dari usia dini, termasuk untuk berbagi akan sangat bermanfaat untuk kehidupan anak ketika beranjak dewasa. Bila Anda membiasakan anak untuk berbagi, maka ketika dewasa nanti dia akan ringan tangan untuk memberikan sedekah kepada orang lain. Untuk itu, terapkan cara di atas demi kebaikan anak. (NR)

Comment di sini