CiriCara: Cara Merawat Helm Motor Agar Awet

by
October 2nd, 2012 at 4:58 pm

CiriCara.com – Memakai helm saat mengendarai sepeda motor selain menjadi faktor penting sebagai keamanan juga melindungi diri dari panas dan terpaan debu. Saat ini di kota-kota besar, khusunya kota Jakarta bila tidak memakai helm saat berkendara di jalan raya akan dikenakan tilang. Untuk itu, cukup penting memakai helm bila mengendarai sepeda motor di jalan-jalan besar.

Pentingnya fungsi helm tersebut, namun Anda juga harus merawatnya agar tetap awet. Piranti ini akan mengganggu pemakainya bila Anda salah merawatnya. Bau apek dan kaca berjamur bisa timbul pada helm Anda bila tidak melakukan perawatan yang benar. Agar Anda tetap bisa memakai helm dengan nyaman diperlukan perwatan yang benar. Bagaimana cara merawat helm dengan benar? Untuk itu simak tips berikut ini yang dicuplik dari majalah Motoriders:

1. Buka kaca penutup setelah tak digunakan

Bila helm dibiarkan tertutup setelah tak digunakan, maka udara pengap dan bau bekas keringat akan terus terperangkap di dalam helm. Bau yang tidak sedap juga akan timbul bila tak tersentuh sinar matahari dalam waktu lama. Hawa panas dalam helm akan mengendap pada lapisan busa dan hal ini yang menyebabkan bau tak sedap.

2. Menjemur helm

Biasakan untuk menjemur helm setelah Anda gunakan untuk perjalanan jauh. Untuk menjemur helm, cara yang dapat Anda gunakan adalah letakkan helm dalam posisi terbalik dengan kaca dan seluruh bagian ventilasi terbuka. Dengan begitu, sinar ultra violet matahari mampu menetralisasi bau tak sedap tersebut.

3. Biarkan ventilasi helm tetap terbuka

Ketika Anda menyimpan helm, biarkan ventilasi tetap terbuka agar udara bersikulasi dengan baik. Dengan begitu bau sisa keringat akan bersikulasi dan memiliki jalan keluar untuk menguap.

4. Menaruh wewangian

Cara lain yang dapat Anda gunakan yaitu dengan memberikan wewangian, seperti kapur barus. Tetapi Anda harus hati-hati memilih jenis pengharum untuk itu. Pilih wewangian yang mengandung kadar alkohol rendah agar busa helm tidak cepat kisut dan kering.

5. Poles bagian luar helm

Anda bisa memoles bagian luar helm dengan pasta pengkilap secara merata. Fungsinya adalah untuk menjaga ketahanan warna helm dan agar debu tidak mudah menempel.

6. Jangan menyimpan di tempat lembap

Setelah dipoles dan diberi wewangian pada helm, Anda bisa menyimpannya di tempat bebas debu dan tidak mudah terkena matahari secara langsung. Jangan pernah menaruh helm pada lingkungan lembap karena akan menimbulkan bau tak sedap. Selain itu, jangan lupa juga untuk membuka seluruh ventilasi dan kaca helmya.

Bila Anda melakukan perwatan helm dengan benar, maka tidak akan timbul bau yang tidak sedap lagi dan nyaman dipakainya. Selamat mencoba. (NR)

Comment di sini